Homepage 5 Min Essential Hari Pahlawan: Tema yang ...

Hari Pahlawan: Tema yang Diusung dan Momentum Bagi Bisnis

10 Nov 2023

Tanggal 10 November jadi salah satu hari penting di Indonesia karena adanya peringatan Hari Pahlawan. Hari bersejarah ini merujuk pada puncak perlawanan rakyat Indonesia di Surabaya pada 10 November 1945. 

Hari Pahlawan sendiri ditetapkan pada tanggal 16 Desember 1959 melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959. Sejak saat itu, Hari Pahlawan rutin diperingati setiap tahunnya untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan yang berjuang mengusir penjajah dari tanah air. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperingati hari bersejarah ini, Buddies! Mulai dari mengikuti upacara bendera di sekolah atau instansi pemerintahan, mendoakan para pejuang kemerdekaan, sampai membuat story yang bisa menyebarluaskan semangat hari pahlawan kepada orang lain. 

Setiap tahunnya, hari pahlawan ini punya tema-tema tertentu sebagai peringatannya. Nah, di tahun ini kamu tahu nggak Buddies tema yang dipilih? Kalau belum tahu, yuk intip artikel ini sampai selesai.

1. Sejarah Singkat Hari Pahlawan

Kejadian bermula dari pertempuran besar antara tentara Indonesia dan pasukan Inggris yang terjadi di Surabaya. Pertempuran itu mengakibatkan terbunuhnya pimpinan tentara Inggris, Brigadir Jenderal Mallaby, pada 30 Oktober 1945. Mallaby akhirnya digantikan oleh Mayor Jenderal Eric Carden.

Jenderal Eric yang marah besar terhadap terbunuhnya Mallaby, memberikan ultimatum kepada pihak Indonesia untuk menghentikan perlawanan, tepat pada 10 November 1945. Alih-alih dituruti, rakyat Indonesia justru menentang ultimatum tersebut sehingga terjadi pertempuran hebat. Saat itu, Surabaya bergejolak dan banyak pejuang yang gugur di medan perang.

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pejuang, pemerintah menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional.

2. Tema Hari Pahlawan 2023

Seperti yang sudah disebutkan tadi, setiap tahunnya selalu ada tema berbeda dalam peringatan Hari Pahlawan 10 November. Nah khusus tahun ini, pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”

Tema tersebut dipilih bukan tanpa alasan. Kemensos ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia mengingat kembali para pahlawan dan merenungkan peran mereka dalam memandu kita menuju masa depan yang lebih baik. 

3. Sering Dimanfaatkan untuk Kegiatan Marketing

Hari Pahlawan jadi salah satu momen yang banyak dimanfaatkan untuk kegiatan marketing dan promosi, loh. Nggak sedikit brand owners yang membuat promosi dalam bentuk konten atau iklan dengan strategi emotional marketing. Strategi ini ditujukkan untuk menarik perhatian audiens dengan memanfaatkan emosi.

Nah, momen Hari Pahlawan ini dianggap cocok untuk membuat audiens merasakan emosi lewat campaign yang berkaitan dengan perjuangan para pahlawan nasional. Menurut riset sendiri, konsumen lebih sering membuat keputusan pembelian berdasarkan emosi dibanding logika. 

Belum lagi, Hari Pahlawan ini momennya berdekatan dengan promo twin date 11.11. Ini bisa dijadikan peluang oleh para pebisnis yang ingin meraup banyak keuntungan di akhir tahun. Kamu bisa memberikan promo atau diskon spesial Hari Pahlawan, sekaligus twin date yang cuma berjarak satu hari. 

Pastikan strategi marketing mu direncanakan dengan matang ya, Buddies. Perhatikan juga stok produk kamu, jangan sampai kekurangan stok di periode yang memungkinkan banyak penjualan ini. 

Nah, itulah beberapa info menarik seputar Hari Pahlawan, mulai dari sejarah singkat, tema di tahun 2023, sampai peluang bisnis di hari bersejarah ini. Ngomong-ngomong tentang pahlawan, kamu punya pahlawan favorit nggak nih? Share di bawah, ya!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×