Homepage 5 Min Essential Harus Coba! Ini 5 Cara Am...

Harus Coba! Ini 5 Cara Ampuh Menghasilkan Uang dari Blog

27 Jun 2023

Buddies tahu nggak sih kalau dunia digital punya beberapa platform yang bisa menghasilkan uang? Salah satunya blog, platform untuk memproduksi berbagai konten, seperti artikel, esai, kumpulan foto, video dan lainnya. 

Tapi, untuk bisa menghasilkan uang dari blog ini nggak bisa secara asal ya. Pastinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari kualitas blog sampai kualitas konten. Blog yang berkualitas berperan cukup penting disini, karena Buddies nggak akan bisa mendapat uang dengan blog yang kualitasnya rendah. 

Banyak platform blog diluar sana yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi, WordPress jadi salah satu platform blog yang paling banyak digunakan berkat kualitasnya yang tinggi dan bisa diakses secara gratis. 

Jadi, pastikan dulu Buddies punya blog berkualitas sebelum alihkan fokus pada produksi konten yang unik dan menarik. Jangan lupa juga untuk menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization) agar bisa meningkatkan traffic ke blog. 

Setelah langkah-langkah tersebut selesai, sekarang Buddies bisa mempelajari bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog. Dari sekian banyak cara, berikut kita tampilkan beberapa diantaranya. Simak, ya!

1. Google Adsense

Sesuai namanya, Google Adsense adalah layanan periklanan yang dimiliki oleh perusahaan raksasa, Google. Untuk bisa mendapatkan uang dari layanan ini, Buddies harus lebih dulu mendaftarkan blog dengan membuat akun. Setelah itu, nantinya akan ada pengiklan yang melakukan penawaran untuk menampilkan iklan di blog. Lalu, Buddies akan dapat bayaran dari setiap klik dari pengunjung pada iklan tersebut.

2. Endorsement

Blog juga menghasilkan uang dengan cara endorsement atau mempromosikan produk di kontennya. Buddies bisa menjalin kerjasama dengan brand owner untuk meng-endorse produk atau layanannya. Benefitnya pun beragam, bisa pembayaran dalam bentuk uang atau produk gratis, tergantung kesepakatan di awal.

3. Selling Products and Services

Nggak cuma bisa untuk mempromosikan produk orang lain, Buddies juga bisa lho menjual produk atau jasa sendiri. Melalui blog, Buddies bisa menawarkan jasa sesuai keahlian yang dimiliki, seperti desain grafis, pembuatan artikel, pembuatan website dan masih banyak lagi. Kalau Buddies punya keahlian menulis tutorial, bisa juga membuat ebook untuk dijual kepada pengunjung. 

4. Sponsored Content

Sponsored content atau konten yang disponsori juga bisa menjadi alternatif cara untuk menghasilkan uang lewat blog. Pada dasarnya, blog Buddies akan disponsori oleh business owner untuk menerbitkan konten yang bisa membantu bisnis mendapat lebih banyak pelanggan. Bentuk kontennya pun bermacam-macam, bisa ulasan produk, informasi peluncuran produk baru, dan lainnya.

5. Affiliate

Hampir mirip dengan sponsored content, afiliasi juga mengharuskan Buddies untuk memproduksi konten yang menguntungkan business owner. Tapi, biaya yang akan didapatkan bukan dari hasil negosiasi atau kesepakatan di awal. Dengan afiliasi, Buddies akan mendapat bayaran dari jumlah klik atau penjualan yang dilakukan lewat link afiliasi. 

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Memang untuk mendapat benefit dari blog nggak bisa secara singkat. Banyak proses yang harus dilalui terlebih dahulu sebelum bisa mendapat hasil. 

Tapi, bukan berarti hal itu nggak bisa dilakukan. Coba untuk fokus pada langkah-langkah awal yang harus dilakukan, seperti pembuatan blog atau website berkualitas. Seperti yang sudah disampaikan, blog yang berkualitas akan mengundang daya tarik dari orang lain. 

Kalau Buddies nggak tahu caranya membuat blog atau website yang menarik, Boleh Dicoba Digital (BDD) bisa bantu lho. Kita punya service Web Development yang bisa membantu dalam pembuatan website dan pemeliharaannya. 

Services Web Development ini dibagi lagi menjadi beberapa kategori layanan, seperti E-commerce and Website Development, Website Maintenance, Web Apps Development, dan Enterprises Information System. Semua layanan itu kita tawarkan dengan menyesuaikan kebutuhan Buddies. 
Sudah ada lebih dari 50 bisnis yang mempercayai kita lewat service Web Development. Nah, Buddies jangan sampai ketinggalan! Yuk, langsung hubungi kita atau klik website Web Development BDD berikut.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×