Homepage 5 Min Essential Harus Tau! Ini 5 Jenis Ri...

Harus Tau! Ini 5 Jenis Riset Pasar yang Umum Dilakukan Bisnis

19 Apr 2024

Sebagai brand atau business owners, kamu pasti mau dong produk yang dijual dapet sambutan baik dari target audiens? Nah untuk itu, kamu harus memahami dulu apa kebutuhan dan preferensi audiens agar produk atau servis yang kamu ciptakan relevan dengan mereka. 

Terus gimana cara mengetahui apa yang dibutuhkan audiens? Jawabannya, riset pasar atau market research. Riset pasar adalah serangkaian proses mengumpulkan data dan informasi tentang target market dan audiens bisnis kamu. 

Riset pasar ini penting untuk dilakukan karena bisa berfungsi sebagai bahan pengambilan keputusan bisnis dan juga mendukung kesuksesan jangka panjang loh Buddies. Proses melakukan riset pasar ini pun bisa oleh sendiri, perusahaan, atau pihak ketiga yang mempunyai kapabilitas atau spesialisasi di bidang tersebut.

Kalau kamu mau melakukannya sendiri, kamu harus tau dulu nih Buddies jenis-jenis riset pasar yang umum dilakukan. Apa aja? Yuk cek selengkapnya di bawah ini. 

1. Branding Research

Branding research membantu bisnis untuk menciptakan, mengelola, dan memelihara branding yang udah dibuat. Ini mencakup tone, images, value, dan identitas perusahaan. Riset jenis ini bisa kamu lakukan dengan beberapa cara loh Buddies, mulai dari interview, focus groups, sampai menyebarkan survey.

2. Customer Research

Jadi salah satu aspek yang paling penting, customer research bertujuan untuk mengenal konsumen atau audiens kamu secara lebih dalam. Proses risetnya pun meliputi demografi, psikografi, dan customer shopping behavior. Dengan customer research, bisnis bisa mengidentifikasi segmen pasar yang paling menarik, memahami kebutuhan konsumen secara mendalam, dan merancang strategi marketing yang lebih relevan dengan kebutuhan mereka.

3. Competitor Research

Sesuai namanya, competitor research adalah tentang mengetahui pesaing kamu di luar sana dan nantinya dibandingkan dengan brand kamu. Tujuannya pun nggak lain untuk menemukan cara agar brand kamu lebih unggul dibanding kompetitor. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menganalisis riset jenis ini bisa dengan membuat SWOT (strength, weakness, opportunities, threats).

4. Product Research

Product research fokus pada pemahaman terhadap kebutuhan dan preferensi konsumen terhadap produk atau layanan kamu Buddies. Ini melibatkan pengumpulan data tentang fitur produk, kualitas, dan keunggulan kompetitifnya. Dengan product research, bisnis bisa mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan, dan menyesuaikan strategi marketing untuk mencapai objektif bisnis yang udah kamu tentukan diawal.

5. Campaign Marketing Research

Campaign marketing research bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kampanye pemasaran yang udah kamu luncurkan. Kamu bisa memanfaatkan hasil survey atau feedback dari dari target audiens untuk melihat apa yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Nantinya informasi itu bisa membantu kamu dalam merancang campaign berikutnya dengan lebih baik lagi.

Nah itulah penjelasan tentang riset pasar dan beberapa jenisnya yang perlu kamu tau. Dengan memanfaatkan berbagai jenis riset pasar ini, kamu bisa meningkatkan pemahaman tentang pasar, kompetitor, dan konsumen, serta merancang strategi yang lebih efektif untuk mencapai tujuan bisnis. 

Jadi pastikan kamu meluangkan waktu untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh ya Buddies. Setelah riset pasar dilakukan, coba juga untuk mulai merancang strategi marketing yang diambil dari hasil analisis kamu. 

Ini nggak kalah penting karena strategi marketing jadi aspek kunci keberhasilan dari riset yang udah kamu lakukan. Mungkin kamu bingung gimana caranya bikin strategi marketing yang efektif untuk bisnis. 

BDD Services

Tapi nggak perlu khawatir, kan ada Boleh Dicoba Digital (BDD)! Sebagai digital marketing agency, BDD menyediakan layanan konsultasi untuk kamu yang ingin mengobrol terkait isu di bisnis kamu Buddies.

Nggak cuma itu, BDD juga punya berbagai services yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti Digital Ads, Performance Creative, SEO, Growth Hack, Web Development, Community Development, sampai Corporate Training

Lewat berbagai services ini, kita udah dipercaya sama lebih dari 850 brand di berbagai industri loh. Kamu kapan nih percayain bisnis kepada kita? Yuk, nggak perlu ragu lagi, langsung aja hubungi kita atau kunjungi website BDD untuk dapetin info selengkapnya.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×