Homepage 5 Min Essential Mau Sukses Bisnis Online ...

Mau Sukses Bisnis Online dengan Modal Kecil? Ini 10 Ide Bisnis di Bawah 200 Ribu!

03 Jun 2024

Ide Bisnis Online

Internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat modern. Hal ini juga dapat dipandang sebagai peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Oleh karena itu, nggak heran kalau banyak orang berani mencoba memulai bisnis online.

Keuntungan Bisnis Online Dibandingkan Bisnis Konvensional

Kenapa banyak orang memilih bisnis online daripada bisnis konvensional? Ada banyak keuntungan bisnis online yang nggak bisa didapat dari bisnis konvensional, seperti:

  • Murah

Bisnis konvensional membutuhkan dana besar untuk memulainya. Sedangkan bisnis online jauh lebih murah, bahkan hampir gratis. Contohnya, pada bisnis berjualan bakso, cara konvensional akan membutuhkan dana lebih untuk membeli gerobak, menyewa tempat berjualan, membeli peralatan masak, dan lain sebagainya.

Sedangkan bisnis online hanya membutuhkan alat masak untuk membuat bakso. Proses penjualan dilakukan secara online tanpa harus menggunakan warung atau tempat berjualan. Karena itu, dana yang dibutuhkan juga jauh lebih murah

  • Mudah

Bisnis online nggak memerlukan terlalu banyak aset fisik. Semuanya dapat dilakukan secara digital. Jadi, nggak perlu repot melakukan pengadaan aset dan perawatan.

  • Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Bisnis konvensional hanya bisa menjangkau pasar lokal dengan promosi standar. Kalaupun ingin menjangkau pasar yang lebih luas, biaya yang dikeluarkan untuk promosi akan jauh lebih besar. 

Dilain sisi, bisnis online hanya membutuhkan website dan media sosial untuk promosi. Dan, dua media tersebut dapat menjangkau pasar yang luas, bahkan dalam skala global.

Daftar Ide Bisnis Online

Ada berbagai ide bisnis online yang bisa dicoba, seperti:

Blogging

Pada dasarnya, bisnis ini mengandalkan konten tulisan atau gambar yang dimuat pada blog. Konten yang menarik akan mengundang banyak orang untuk datang berkunjung ke blog dan menikmati konten tersebut. Sedangkan untuk pemasukan, bisa didapat melalui iklan yang dipasang di blog tersebut.

Beberapa pemilik blog juga menyediakan blog mereka untuk menampilkan review berbayar. Jadi, bila ada pemilik produk ingin mempromosikan produk mereka, mereka bisa membayar pemilik blog untuk membuat artikel tentang produk tersebut.

Konsultan

Jasa konsultan online juga menjadi salah satu pilihan bisnis online yang bisa dicoba. Dengan teknologi internet saat ini, klien dapat menghubungi konsultan dengan mudah secara online. Baik melalui video call maupun pesan teks atau chatting. Tentu saja, untuk memulai bisnis online ini diperlukan keahlian, gelar, dan sertifikasi untuk memberikan jasa konsultan.

Life Coach

Life coach adalah profesi yang bisa memotivasi seseorang untuk menjadi lebih baik. Profesi ini mirip dengan jasa konsultan diatas, tetapi lebih khusus pada bidang pengembangan diri atau membangun kepercayaan diri. Saat ini, banyak orang yang membutuhkan jasa life coach. Tekanan pekerjaan yang besar serta kehidupan sosial yang semakin berat menjadi alasannya. Mereka membutuhkan ahli yang mampu membuat mereka merasa lebih baik.

Virtual Assistant

Asisten virtual bertugas untuk membantu segala macam pekerjaan dari jarak jauh dengan menggunakan internet. Jenis pekerjaan yang ditangani bermacam-macam, mulai dari mengelola media sosial hingga urusan administrasi perusahaan.

Menjual Produk Digital

Bisnis online berjualan produk digital juga menjadi salah satu ide bisnis cemerlang saat ini. Ada berbagai jenis produk digital yang bisa dijual. Mulai dari aplikasi untuk ponsel, e-book, novel online, foto, gambar referensi, dan lain sebagainya.

Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis juga dapat dijalankan dengan sistem bisnis online. Klien akan memesan melalui email atau cara online lainnya. Lalu, desainer akan menyelesaikan pesanan dan mengirim file yang berisikan desain yang diinginkan klien secara online.

Jasa Membuat Website 

Website sangat dibutuhkan oleh banyak pihak, baik perusahaan untuk toko online mereka atau website resmi mereka, maupun individu. Oleh karena itu, jasa membuat website terbilang sangat laris saat ini. Banyak pihak membutuhkannya untuk membuat website yang nggak cuma menarik, tetapi juga interaktif dan memiliki performa baik.

Jasa Membuat Aplikasi

Aplikasi dibutuhkan untuk meningkatkan pengalaman menggunakan layanan. Aplikasi membuat perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Jasa membuat aplikasi menyediakan solusi untuk kebutuhan itu. Jadi, dipastikan akan ada banyak pihak yang membutuhkan jasa ini.

Jasa Pengiklanan

Iklan online menjadi salah satu media promosi yang kuat. Selain murah, iklan online juga mampu menjangkau pasar yang lebih luas karena bisa diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Membuka jasa pengiklanan secara online dapat menyediakan solusi untuk perusahaan yang membutuhkannya. Tapi, jasa ini nggak cuma khusus pada iklan online aja, sistem online dapat juga diterapkan pada jasa pembuatan iklan konvensional. Dengan begitu, bisnis ini dapat membawa lebih banyak klien.

Konten Kreator 

Ide bisnis yang terakhir adalah konten kreator. YouTube membuka peluang siapa saja untuk mengunggah video dan mendapatkan uang dari situ. Uang didapat dari iklan yang ditempatkan pada video tersebut. Kalau video tersebut menjadi viral dan dilihat banyak orang, maka pemasukan yang didapat juga akan lebih besar.

Masih bingung mau pilih bisnis yang mana? Konsultasikan aja langsung ke ahlinya Boleh Dicoba Digital (BDD) siap menolong kamu. Yuk klik Konsultasi Sekarang.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×