Homepage 5 Min Essential Ide Liburan Paling Menari...

Ide Liburan Paling Menarik di Akhir Tahun 2023, Pilih Mana?

04 Dec 2023

Holiday season is coming, Buddies! Nggak kerasa kita udah ada di penghujung tahun 2023 yang akan berakhir dalam hitungan hari. Akhir tahun biasanya identik dengan suasana liburan untuk melepas penat dari rutinitas selama setahun kebelakang. 

Selain berfungsi untuk melepas penat, liburan juga memberikan semangat loh untuk menghadapi tahun yang akan datang. Itu juga jadi alasan kenapa momen liburan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bersenang-senang, mau itu dengan keluarga atau teman-teman. 

Berhubung sekarang udah di bulan-bulan terakhir, kamu sendiri ada rencana liburan gak nih Buddies? Kalau kamu masih bingung untuk destinasinya, kita bisa bantu berikan beberapa ide atau rekomendasi buat kamu.

Apa aja rekomendasinya? Simak artikel ini sampai selesai ya!

1. Wisata Alam

Buat kamu yang ingin melepas penat akibat rutinitas sehari-hari, wisata alam jadi destinasi yang ideal. Seperti yang kita tau, Indonesia punya banyak sekali destinasi wisata alam yang menakjubkan. Mulai dari Bali, Labuan Bajo, Gili Trawangan, Yogyakarta, sampai Gunung Bromo.

2. Wisata Budaya dan Sejarah

Selain dipenuhi dengan wisata alam, Indonesia juga dikenal dengan budaya dan sejarahnya yang beragam. Wisata budaya dan sejarah ini bisa jadi opsi buat kamu yang memang tertarik dengan peninggalan di tanah air. Kamu bisa mengunjungi Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton, Kampung Adat, Museum, ataupun Situs Purbakala. 

3. Wellness Tourism

Wellness tourism mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, tapi istilah ini sudah semakin populer seiring dengan meningkatnya awareness terhadap mental health. Jenis wisata ini mengacu pada berbagai kegiatan yang menawarkan kedamaian pada jiwa. Sekarang pun sudah banyak destinasi wisata wellness tourism di Indonesia, seperti perawatan spa di Bali atau meditasi di candi-candi Yogyakarta.

4. Wisata Kuliner

Bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah surganya kuliner. Belum lagi sekarang ini banyak kafe atau restoran yang menawarkan makanan dan minuman unik. Ini cocok banget untuk kamu yang suka eksplor makanan baru. Selain menyajikan makanan dan minuman yang unik, nggak sedikit juga kafe yang punya konsep menarik loh.

5. Menonton Konser

Alternatif lain yang bisa kamu pilih di musim liburan juga adalah menonton konser. Kalau kamu pecinta musik, pasti nggak mau dong kelewatan menikmati lagu dari band atau penyanyi favorit. Apalagi, akhir tahun ini banyak banget konser dan festival musik yang menarik. Mulai dari James Arthur, Pamungkas Tour, Twice World Tour, sampai Djakarta Warehouse Project (DWP).

Nah, itulah beberapa ide liburan yang bisa kamu pilih untuk menikmati masa-masa akhir tahun 2023. Walaupun banyak opsi menarik, tapi pastikan kamu sudah memperhitungkan semuanya agar nggak melewati budget yang sudah ditentukan. 

Persiapkan segala kebutuhan liburan, mulai dari destinasi wisata, biaya akomodasi, dan biaya-biaya lainnya. Persiapan ini cukup penting, apalagi kalau kamu memilih destinasi yang populer dan menguras biaya yang lumayan besar. Memperhitungkan semuanya akan membuat keuangan kamu lebih terkontrol dan nggak akan bikin kantong menjadi kosong setelah selesai liburan. 

Jadi, kemana destinasi liburan kamu akhir tahun ini Buddies? Share jawaban kamu dibawah, ya!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×