Homepage 5 Min Essential Internet of Things Bisa M...

Internet of Things Bisa Mengubah Peradaban Manusia, Kok Bisa?

22 Dec 2023

Halo Buddies! Kalian pasti sudah nggak asing lagi sama  internet kan? Di era globalisasi seperti sekarang ini hampir semua hal dan aktivitas perlu menggunakan internet. Tapi kalian tahu gak sih apa itu Internet of Things

Internet of Things (IoT) merupakan sebuah konsep di mana suatu benda atau objek ditanamkan teknologi-teknologi seperti sensor dan software dengan tujuan untuk berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain selama masih terhubung ke internet. 

Sederhananya, IoT bekerja dengan memanfaatkan instruksi pemrograman yang setiap perintahnya bisa menghasilkan interaksi ke sesama perangkat terhubung secara otomatis tanpa adanya intervensi pengguna, bahkan dalam jarak jauh sekali pun. 

Nah setelah tau apa itu Internet of Things , kira-kira apa aja sih manfaat dan kerugian dari  penggunaan teknologi IoT? Yuk simak penjelasannya lebih lanjut!

Kelebihan dan Kekurangan Internet of Things (IoT)

Kelebihan:

  • Efisiensi dan Produktivitas

IoT bisa membantu organisasi atau individu untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas melalui pengumpulan dan analisis data secara real-time.

  • Peningkatan Kualitas Hidup

IoT bisa membantu memantau kesehatan dan keamanan seseorang, serta menghubungkan mereka dengan teknologi yang bisa membantu meningkatkan kualitas hidup mereka.

  • Kemudahan Pengoperasian

IoT membuat perangkat yang terhubung lebih mudah untuk dioperasikan dan dikontrol, terutama melalui aplikasi mobile atau web yang mudah digunakan.

Kekurangan:

  • Privasi

Karena IoT mengumpulkan data secara terus-menerus, kekhawatiran privasi bisa muncul karena data pribadi dapat disalahgunakan kalau jatuh ke tangan yang salah.

  • Biaya Tinggi

Biaya untuk membangun, menginstal, dan memelihara infrastruktur IoT bisa menjadi sangat mahal, apalagi kalau organisasi atau individu membutuhkan perangkat IoT khusus.

  • Ketergantungan dengan Internet

IoT memerlukan koneksi internet yang stabil dan kuat untuk berfungsi, kalau koneksi internet terputus atau nggak stabil, maka IoT nggak bisa berfungsi dengan baik.

Manfaat Internet of Things (IoT)

Dalam penerapannya sendiri Internet of Things ini membawa banyak sekali manfaat. Selain manfaat utamanya untuk mempermudah pekerjaan manusia, Internet of Things juga bermanfaat dalam berbagai bidang. Berikut beberapa diantaranya:

  • Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, Internet of Things terus dikembangkan. Direncanakan ke depannya seluruh hasil pemeriksaan bisa langsung diterima oleh para tenaga medis atau rumah sakit. Data-data yang dikirimkan seperti halnya tekanan darah, riwayat penyakit, penyakit yang sedang dialami, dan lain-lain.

  • Transportasi

IoT bisa membantu manusia dalam mengintegrasikan, mengontrol, dan memproses informasi pada sistem transportasi. Salah satu contoh Internet of Things dalam bidang transportasi adalah mobil yang bisa memarkir sendiri dan berjalan sendiri (autopilot).

  • Pertanian

Penerapan IoT dalam sektor pertanian bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dalam urusan pengumpulan data. Data-data yang dikumpulkan bisa berupa suhu, kelembapan, curah hujan, kadar air dalam tanah, dan pemantauan hama.

  • Lingkungan

Yang terakhir adalah penerapan IoT dalam sektor lingkungan. Contohnya seperti alat yang bisa memantau kualitas udara, alat yang bisa dipasangkan ke satwa liar dalam penangkaran, pengecekan kondisi air, dan lain-lain.

Nah jadi itulah pembahasan singkat mengenai Internet of Things, hal yang mungkin belum banyak orang tahu tapi sangat berperan besar bagi kehidupan manusia. Menarik banget kan? 

Perangkat-perangkat IoT yang ada saat ini masih bisa berkembang lagi menjadi lebih canggih di masa depan dan diharapkan bisa lebih membantu manusia dalam berbagai sektor. 

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus mengetahui dan mengikuti perkembangan jaman. Semoga artikel diatas bisa menambah pengetahuan kalian ya Buddies!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×