Homepage 5 Min Essential Intip Obrolan Seru dengan...

Intip Obrolan Seru dengan Gilang Tentang UI/UX, Nambah Insight!

31 Oct 2023

“UI/UX bisa ngebantu brand owners untuk yang pengen produknya dibuat dalam bentuk digital lewat sebuah website”

-Gilang Alamsyah-

Siapa yang sering denger istilah UI/UX design? Buat kamu yang udah berkecimpung di dunia teknologi pastinya nggak asing lagi ya dengan istilah ini. Tapi untuk orang awam, UI/UX design masih belum terdengar familiar.

Jadi, sebenarnya UI/UX design itu apa sih? Sederhananya, UI merujuk pada singkatan dari “user interface”, sedangkan UX adalah “user experience”. Profesi tersebut dikenal dengan nama UI/UX designer yang secara umum bertanggung jawab dalam pekerjaan terkait perangkat lunak atau aplikasi, salah satunya website

Fungsi UI/UX sendiri cukup vital loh, karena bisa dibilang sebagai penentu dalam upaya memenangkan hati para pengguna. Desain yang eye-catching dan juga consumer journey yang mudah jadi dua faktor kunci seberapa baik website atau aplikasi kamu. 

Biar kamu punya insight yang lebih banyak lagi, di artikel ini kita akan bagikan informasi penting tentang UI/UX. Kita udah ngobrol langsung dengan Gilang Alamsyah selaku UI/UX designer di Boleh Dicoba Digital (BDD). Simak, ya!

1. Seberapa penting UI/UX untuk bisnis?

“Menurut aku penting banget karena di zaman sekarang semua orang udah pindah ke digital ya, mau itu untuk jualan, promosi atau ngenalin brand mereka. Nah UI/UX sendiri ngebantu mereka yang pengen brand atau produknya dibuat bentuk digital lewat sebuah website.” Gilang Alamsyah

Menurut Gilang, peran UI/UX di era digital seperti sekarang ini sangat penting, khususnya untuk bisnis. UI/UX lewat pembuatan website dan aplikasi bisa jadi jembatan untuk para brand owners yang belum coba beralih ke dunia digital.

2. Apa keuntungan website bisnis dibanding marketplace?

Gilang juga berpendapat kalau website bisnis lebih punya banyak keuntungan dibanding marketplace. Menurutnya, website nggak cuma bisa dipake untuk berjualan aja, tapi juga bisa untuk berbagai keperluan lain.

“Kalau si brand punya website, itu bisa ngebantu dari sisi brandingnya, dibanding dengan marketplace yang sangat terbatas. Nah kalau di website, selain bisa jualan, kita juga bisa naikin brand image atau brand identity. Jadi lebih banyak yang bisa dieksplor dibanding marketplace.” Gilang Alamsyah

3. Apa aja komponen yang harus diperhatiin di UI/UX?

“Sebenarnya semua cukup penting ya, cuman mungkin yang mau aku highlight di UI design adalah warna, tipografi, ikon, dan lain-lain. Kenapa itu penting, karena itu berpengaruh pada brand identity dari si brand itu sendiri. Kalau dari sisi UX design, salah satu yang penting adalah wireframe dan user journey. Sebelum masuk ke design, dibuat dulu sitemap yang bisa memudahkan user dan designer nya itu sendiri untuk masuk ke UI design. Jadi secara fitur dan konten itu akan disiapkan di tahap wireframe dan juga sitemap.” Gilang Alamsyah

UI/UX sendiri terdiri dari berbagai komponen yang fungsi dari masing-masing komponennya cukup penting. Gilang meng-highlight beberapa komponen dari UI dan UX nya, khususnya sitemap yang bisa memudahkan user maupun designer.

4. Gimana flow untuk klien yang pengen pake servis UI/UX BDD?

Sebagai digital marketing agency, BDD punya servis UI/UX yang bisa membuat website kamu lebih menarik dan intuitif. Untuk flownya, Gilang akan lebih dulu meminta detail page website kamu, sebelum nanti di breakdown page-page yang akan ditambahkan. 

“Jadi sebenarnya UI/UX di BDD itu masuknya ke divisi Creative, bukan IT. Jadi buat klien yang tertarik pake servis UI/UX untuk keperluan revamp misalnya , nanti dari BD (Business Development) akan minta detail dari page punya klien. Jadi aku breakdown dulu page yang udah ada dan selanjutnya bakal di list didalam website itu akan ada apa aja kedepannya beserta timeline pekerjaannya.” Gilang Alamsyah

UI/UX Design Service

Nah, itu tadi sedikit obrolan dengan Gilang Alamsyah seputar UI/UX. Menarik ‘kan? UI/UX ini di zaman sekarang semakin dibutuhkan, karena desain atau karyanya dianggap jadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. 

Kalau kamu butuh perbaikan website atau justru baru pengen bikin website, pake servis UI/UX BDD aja! Kita udah berpengalaman menghandle puluhan brand lewat servis ini. Jadi, kamu nggak perlu ragu lagi pake jasa kita. Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik link berikut UI/UX BDD.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×