Homepage 5 Min Essential Dinilai Penting Untuk Bis...

Dinilai Penting Untuk Bisnis, Apa Saja Jenis Jenis Desain Grafis?

08 Mar 2023

Di era yang serba digital seperti sekarang ini memaksa banyak sektor pekerjaan untuk melakukan promosi dengan cara yang lebih kreatif. Salah satu cara yang paling banyak digunakan adalah dengan memanfaatkan desain grafis atau graphic design.

Desain grafis adalah suatu proses pembuatan komposisi visual untuk memecahkan masalah dan mengkomunikasikan ide melalui tipografi, ilustrasi, warna atau bentuk. Graphic design sendiri sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai pekerjaan karena sudah terbukti mendatangkan banyak manfaat bagi bisnis. 

Bahkan dilansir Research Gate, 94% orang mengatakan kalau kesan pertama mereka tentang suatu bisnis itu berkaitan dengan desain. Jadi nggak heran kalau sekarang banyak bisnis yang mengeluarkan uangnya untuk investasi di desain grafis. 

Menariknya lagi, dalam desain grafis tersedia banyak jenis yang masing-masing memiliki fungsi dan tugas berbeda bagi bisnis. Nah dalam artikel ini kita bakal coba perlihatkan jenis jenis desain grafis beserta penjelasannya. Simak, ya!

1. Visual Identity Graphic Design

Desain grafis jenis ini berhubungan dengan pembuatan identitas brand atau merek yang merupakan hal esensial bagi bisnis. Nantinya desainer harus menciptakan sebuah desain seperti logo, tipografi, atau gambar yang sesuai dengan identitas suatu bisnis.

2. Desain Grafis Pemasaran

Setiap bisnis pastinya memerlukan promosi yang kreatif agar audiens tertarik dengan produk atau jasa yang dipromosikan. Nah desain grafis pemasaran bertugas untuk menciptakan konten visual yang menarik sehingga membantu bisnis mengkomunikasikan promosinya secara lebih efektif.

3. User Interface (UI) Design

User Interface (UI) design atau desain UI adalah proses mendesain antarmuka agar mudah digunakan dan memberikan pengalaman yang ramah pengguna. Sudah menjadi tugas desainer UI untuk menyeimbangkan daya tarik estetika dengan fungsional teknis di suatu aplikasi atau perangkat.

4. Desain Publikasi atau Publication Design

Di desain grafis jenis ini, desainer berfokus pada pengelolaan media visual yang sering diproduksi secara massal, seperti buku, majalah, koran dan lainnya baik berbentuk cetak maupun digital. Nantinya desainer grafis publikasi bertugas untuk menciptakan pengalaman visual pembaca menjadi lebih berkesan.

5. Motion Graphic Design

Motion desain grafis sederhananya berfokus pada animasi media visual. Di dalamnya terdapat audio, tipografi, video dan berbagai efek lain yang digunakan dalam media online. Sekarang ini motion bisa ditemukan di semua platform digital walaupun terhitung sebagai desain grafis jenis baru.

6. Environmental Graphic Design/ Desain Grafis Lingkungan

Desain grafis jenis ini merupakan desain yang sering ditemukan di ruang publik dimana bentuk visualnya ditujukkan untuk membuat ruangan lebih menarik, informatif atau ternavigasi. Desain jenis ini antara lain mural dinding, navigasi transportasi, ruang acara, dan masih banyak lagi.

Seperti yang sempat disinggung diatas, desain grafis berperan penting di suatu bisnis yang bergerak di bidang digital atau online. Lewat komposisi visual, desain grafis mempunyai keahlian untuk mengkomunikasikan pesan dan memecahkan masalah.

Contohnya, jenis konten visual infografis dianggap cenderung lebih mudah diingat daripada konten berbentuk teks saja. Infografis juga dikatakan tiga kali lebih banyak dibagikan dan disukai di sosial media dibanding jenis konten visual lainnya. 

Elemen-elemen desain grafis juga banyak mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan terhadap bisnis, seperti 85% konsumen dipengaruhi oleh warna saat melakukan pembelian, atau 67% pembeli internet menilai foto berkualitas tinggi sangat signifikan untuk keputusan pembelian. 

Oleh karena itu, nggak diragukan lagi kalau desain grafis sangat diperlukan untuk promosi kreatif suatu bisnis dan sarana mengkomunikasikan pesan. 

Boleh Dicoba Digital (BDD) juga mempunyai layanan Graphic Design lho untuk Buddies yang mungkin membutuhkan bantuan dalam pembuatan desain bagi bisnis atau brand. BDD Creative berkomitmen membantu Buddies untuk menekankan pesan dari brand mu melalui desain grafis yang menarik. 

Kita juga nggak hanya menyediakan layanan Graphic Design, banyak layanan lain seperti Motion Graphic dan UI/UX Design. Sampai saat ini sudah lebih dari 50 bisnis yang bekerja sama dengan BDD sehingga Buddies nggak perlu ragu lagi untuk mempercayakan bisnis mu ke tangan kita. 

Kalau Buddies tertarik, bisa langsung hubungi kita atau kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) berikut. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×