Homepage 5 Min Essential Beragam Jenis Marketing C...

Beragam Jenis Marketing Campaign, Mana Favoritmu?

19 Sep 2023

Hampir setiap hari, jutaan bisnis saling berebut atensi dari para konsumen. Itu menjadi tantangan tersendiri bagi para business owners karena banyak bisnis baru yang terus bermunculan. Tapi, bisnis juga bisa meningkatkan visibilitasnya lewat marketing campaign yang ditujukan kepada target audiens.

Marketing campaign adalah serangkaian kegiatan strategis yang bertujuan untuk mempromosikan objektif bisnis. Objektif itu pun beragam, bisa promosi produk, servis, atau bahkan mempromosikan brand secara keseluruhan. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan marketing campaign ini, seperti lewat media sosial, digital ads, atau email. Tapi perlu dicatat juga kalau dalam menjalankan marketing campaign harus punya rencana yang matang. 

Business owners atau marketers harus tau tujuan dari marketing campaign yang akan dilakukan. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah dalam membuat pesan untuk audiens dan juga call to action (CTA) di campaign tersebut. 

Tapi, Buddies tau nggak sih kalau jenis marketing campaign ini cukup banyak? Kalau belum tau, simak artikel ini sampai beres karena kita udah siapin beberapa jenisnya untuk kamu. 

1. Media Tradisional

Walaupun sekarang digital marketing lebih populer, tapi menjalankan marketing campaign di media tradisional juga masih cukup diminati lho! Apalagi kalau Buddies ingin menargetkan campaign nya ke audiens yang luas. Jenis marketing campaign ini masih sering ditemui juga di channel-channel non digital, seperti TV, koran, billboard, radio, dan masih banyak lagi.

2. Musiman (Seasonal Push Campaign)

Seperti namanya, marketing campaign jenis ini biasanya muncul di momen-momen tertentu saja, misalnya diskon di bulan Ramadhan atau Natal dan Tahun Baru (Nataru). Nah, marketing musiman ini tujuannya nggak lain untuk meningkatkan konversi. Tapi, agar marketing campaign ini berhasil, Buddies perlu menyiapkan strategi yang ampuh dan mengetahui timing yang pas untuk melakukannya. 

3. Brand Awareness

Jenis marketing campaign ini masih banyak dilakukan oleh brand-brand kecil maupun besar. Brand awareness campaign sendiri bertujuan untuk mengenalkan brand kepada target audiens sekaligus menjaga popularitas di mata konsumen. Cara untuk menjalankan campaign ini pun cukup beragam, bisa lewat ads di media sosial atau memproduksi konten blog.

4. Email Marketing

Email masih menjadi salah satu media komunikasi tertua yang banyak digunakan oleh orang-orang. Dengan melakukan marketing campaign jenis ini, marketers bisa menjaga hubungan dengan konsumen. Caranya dengan rutin memberi informasi tentang produk baru, diskon, atau penawaran terbatas.

5. Rebranding

Jenis marketing campaign lain yang juga cukup banyak digunakan oleh bisnis adalah rebranding campaign. Rebranding dilakukan untuk mengubah citra perusahaan atau produk dengan tujuan mendatangkan keuntungan. Contoh marketing campaign untuk rebranding ini meliputi perubahan logo, nama perusahaan, dan lainnya.

Nah, itulah beberapa jenis marketing campaign yang mungkin belum Buddies tau. Untuk mensukseskan marketing campaign, penting banget menentukan jangka waktu yang pas. Ini dilakukan agar campaign berjalan efektif dan nggak terlalu menguras biaya. 

Secara keseluruhan, marketing campaign digunakan untuk mencapai objektif tertentu. Dalam proses mencapai objektif itu akan lebih mudah kalau melakukan riset terlebih dahulu. Makannya, marketer perlu memahami tentang produknya, konsumennya, dan juga kompetitor untuk membuat strategi yang efisien. 

Kalau Buddies kesulitan untuk membuat strategi marketing campaign yang cocok untuk bisnismu, hubungi kita aja! Boleh Dicoba Digital (BDD) siap membantu kamu dalam menjalankan marketing campaign yang efektif. 

Sebagai digital marketing agency, BDD juga menyediakan banyak servis lain yang bisa membantu berbagai permasalahan bisnis. Misalnya seperti Digital Advertising, Web Development, SEO, Growth Hack, Corporate Training, Creative Content Development, dan Community Development.

Kita udah berpengalaman menghandle ratusan brand dari berbagai industri. Jadi, pastinya BDD udah terpercaya deh! Yuk, tunggu apalagi? Langsung aja hubungi kita atau klik Boleh Dicoba Digital untuk kunjungi website.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×