Homepage 5 Min Essential Kenalan dengan Mega Sale ...

Kenalan dengan Mega Sale Days, Bisa Ningkatin Penjualan Loh!

25 Oct 2023

Mega Sale Days sekarang sudah semakin populer dan bahkan bisa disebut sebagai salah satu event tahunan yang paling ditunggu-tunggu. Ini nggak terlepas dari banyaknya keuntungan yang bisa didapat oleh konsumen. Tapi faktanya, kehadiran Mega Sale Days ini nggak cuma menguntungkan bagi konsumen saja, tapi juga bagi brand owners diluar sana. 

Bagi brand owners, Mega Sale bisa dijadikan peluang untuk berinteraksi dengan audiens yang lebih luas secara digital. Sedangkan bagi konsumen, Mega Sale jadi momen untuk menunjukkan preferensi dan minat belanja mereka kepada brand-brand baru. 

Tapi, sebenarnya apa sih Mega Sales itu? Sederhananya, Mega Sale Days adalah festival belanja terbesar di dunia yang mengacu pada periode penjualan akhir tahun (September-Desember), seperti tanggal kembar (11.11, 12.12), Pay Day, Natal, dan Tahun Baru. Mega Sale selalu efektif dalam meningkatkan penjualan karena banyak konsumen yang tergiur dengan promo atau diskon di event ini. 

Awal Kemunculan Mega Sale dan Perkembangannya di Asia Tenggara

Festival belanja ini dimulai pada 2009 saat China memperkenalkan 11.11 Sale pertama kali sebagai Singles Day. Setelah lebih dari satu dekade, Singles Day berkembang menjadi acara tahunan yang melahirkan hari penjualan lainnya di sepanjang tahun, nggak cuma di China, tapi juga di Asia Tenggara. 

Perkembangan Mega Sale yang melejit ini pun karena ada pengaruh online sales yang juga terus tumbuh. Khusus di Asia Tenggara sendiri, eMarketer melaporkan kalau di tahun 2022 kemarin penjualan online menyentuh angka 89,67 miliar, naik sebesar 140% dibanding periode sebelum pandemi pada tahun 2019. 

Pandemi Covid-19 kemarin memang membuat banyak brand mulai berpindah ke penjualan online, salah satunya ke e-commerce. Di Asia Tenggara, total value penjualan e-commerce tumbuh sebanyak 40% dari tahun 2016 sampai 2021. Nggak cuma itu, e-commerce juga bahkan menyumbang 20% dari seluruh penjualan ritel (naik 5% dari tahun 2016). 

Dengan pertumbuhan yang lebih besar lagi di tahun 2023, kini brand owners semakin punya peluang untuk meningkatkan penjualan online lewat Mega Sale Days

Alasan Mega Sale Cocok untuk Meningkatkan Penjualan

Seperti yang sudah disebut tadi, momen Mega Sale selalu efektif untuk meningkatkan penjualan. Tapi pertanyaannya, kok bisa? Simpelnya, orang-orang masih suka dengan beberapa jenis promo atau diskon, walaupun sebatas gratis ongkir dan kode voucher.

Itulah kenapa Mega Sale Season ini dianggap seperti tambang emas bagi business owners, khususnya di Asia Tenggara. Menurut data dari Meta, 86% konsumen di Asia Tenggara melakukan pembelian selama Mega Sale Season

Dilansir dari sumber yang sama, 91% dari mereka juga terdorong untuk mencoba brand-brand baru di festival belanja terbesar ini. Jadi, Mega Sale membuka peluang bagi bisnis untuk bisa melayani konsumen lama, sekaligus menarik konsumen baru. 

Konsumen juga cenderung nggak mempermasalahkan stok lama di Mega Sale Season. Untuk para brand owners yang ingin ‘cuci gudang’ atau memberi ruang untuk produk baru, Mega Sale Season waktu yang tepat untuk melakukannya. 

Bulletin Terbaru dari BDD

Ngomong-ngomong tentang Mega Sale, Boleh Dicoba Digital (BDD) nggak lama lagi bakalan meluncurkan buletin edisi terbaru loh. Nantinya buletin itu akan membahas tentang Mega Sale secara lengkap, mulai dari strategi-strateginya, perilaku konsumen, hal yang perlu dipersiapkan, sampai studi kasus dari klien-klien kita. 

Harapannya, buletin dari BDD ini akan memberikan insights dan knowledge tentang Mega Sale, khususnya bagi bisnis kamu, Buddies! Jadi, pantengin terus media sosial dan website kita buat dapetin info selengkapnya, ya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×