Homepage 5 Min Essential List Kategori Produk Pali...

List Kategori Produk Paling Diburu Saat Harbolnas, Apa Aja Ya?

21 Nov 2023

Sebulan lagi Harbolnas nih, Buddies! Harbolnas ini sering dianggap sebagai momen untuk meningkatkan penjualan oleh para business owners, loh. Nggak sedikit dari mereka yang menantikan akhir tahun untuk ikut berpartisipasi pada periode penuh diskon dan promo ini. 

Harbolnas sendiri diselenggarakan tiap bulan Desember yang puncaknya ada di 12.12. Selain menguntungkan bagi brand owners, Harbolnas juga menguntungkan bagi konsumen yang ingin berbelanja. 

Banyaknya kegiatan jual beli di momen itu membuat nilai transaksi Harbolnas terus naik setiap tahunnya. Di tahun 2021 lalu, nilai transaksi Harbolnas mencapai 18,1 triliun, dan di tahun 2022 mengalami peningkatan dengan total nilai transaksi sebesar 22,7 triliun. 

Dari sekian banyaknya penjualan selama Harbolnas, kamu tau nggak sih apa aja kategori produk yang paling banyak diminati? Di artikel ini kita akan coba tampilkan beberapa kategori produk yang banyak diburu di e-commerce, sesuai hasil survei Populix. Simak, ya!

1. Pakaian

Kategori produk yang paling banyak dibeli di e-commerce ternyata ditempati oleh kategori pakaian. Berdasarkan hasil survei, pakaian jadi kategori pilihan saat berbelanja di Harbolnas dengan total responden yang mencapai 66%.

2. Produk Kecantikan & Perawatan Tubuh

Dibawah pakaian, kategori yang paling laris juga adalah produk kecantikan & perawatan tubuh. Kategori produk satu ini memang jadi salah satu kategori yang penjualannya melonjak pesat pada beberapa tahun kebelakang. Hasilnya pada Harbolnas 2022 kemarin, produk kecantikan & perawatan tubuh menduduki peringkat 2 sebagai kategori paling banyak dibeli dengan 51% responden.

3. Gadget & Elektronik

Di peringkat 3 ada kategori produk gadget & elektronik yang dipilih oleh 43% responden sebagai produk paling banyak diminati. Ini kemungkinan juga disebabkan karena meningkatnya aktivitas di rumah sejak pandemi kemarin. Jadi, produk-produk seperti laptop, receiver TV, sampai wifi extender cukup diminati oleh konsumen.

4. Makanan & Minuman

Nggak bisa dipungkiri kalau pandemi juga berdampak pada kebiasaan orang yang awalnya sering makan diluar, jadi lebih suka memasak di rumah. Hasilnya, produk sembako dan bahan makanan semakin meningkat permintaannya. Kategori produk satu ini dipilih oleh 36% responden sebagai produk yang paling banyak dicari selama Harbolnas.

5. Hobi

Berbeda 1% aja, kategori produk-produk yang berkaitan dengan hobi menempati posisi ke 5 dengan 35%. Hobi memang nggak bisa dipisahkan dengan seseorang. Nah, di Harbolnas ini nggak sedikit yang memanfaatkan momen untuk membeli produk hobi tersebut karena harganya yang cukup terjangkau.

Nah, itulah beberapa kategori produk yang paling banyak dicari di e-commerce berdasarkan survei Populix pada September 2022 kemarin. Selain kategori-kategori produk diatas, masih ada kategori produk lain yang masuk jajaran teratas. Mulai dari perabotan rumah tangga (32%), peralatan olahraga (21%), kebutuhan bayi dan anak (17%), produk kesehatan (15%), sampai keperluan perjalanan (13%). 

Melihat dari polanya, kemungkinan besar akan ada kenaikan nilai transaksi lagi di Harbolnas tahun 2023 ini. Kamu sendiri udah nyiapin strategi dan campaign untuk menghadapi periode belanja akhir tahun belum?

Kalau masih bingung, cek aja buletin terbaru dari BDD yang berjudul “Tren Mega Sale: Penting atau Pening? Analisa Boleh Dicoba Digital Jelang Periode Belanja Terbesar Tahun Ini”. Disitu kamu bakalan dapetin banyak insight menarik yang bisa bantu mematangkan persiapan bisnismu di periode Mega Sale dan Harbolnas. 

Cara dapetinnya pun gampang banget, kamu tinggal lengkapi form yang berisi email. Nanti akan kita kirimkan digital report-nya ke email kamu untuk di download. Gampang ‘kan? Tenang aja, buletin ini nggak dipungut biaya sepeser pun alias gratis!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung download buletin terbaru kita dengan klik Tren Mega Sale Bulletin

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×