Homepage 5 Min Essential Marketer Harus Tau! Ini B...

Marketer Harus Tau! Ini Beberapa Fungsi A/B Testing Buat Bisnis

02 Mar 2024

Di era bisnis online yang semakin kompetitif ini, gimana caranya perusahaan untuk tetap berkembang dan unggul dari kompetitor? Salah satu caranya adalah dengan rutin melakukan a/b testing.

Apa itu a/b testing? Sederhananya, a/b testing adalah teknik atau strategi marketing yang menguji dua versi berbeda untuk menentukan versi mana yang lebih baik. 

Teknik satu ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan efektivitas strategi marketing yang akan dijalankan. A/b testing sendiri bisa dilakukan untuk berbagai kebutuhan loh Buddies, seperti menentukan landing page, call to action (CTA), konten, dan lainnya. 

Nah, kalau mau mengenal lebih dalam tentang fungsi a/b testing, pas banget nih. Di artikel ini kita udah siapin fungsi-fungsi a/b testing yang mungkin belum kamu tau. Simak, ya!

1. Memahami Kebutuhan & Kendala Target Audiens

Salah satu fungsi utama dari a/b testing adalah untuk mengetahui kebutuhan dan kendala target audiens. Dengan berbagai data yang dihasilkan, kamu jadi bisa tau preferensi mereka, sekaligus menyusun strategi marketing yang berdampak dalam jangka panjang.

2. Update dengan Tren

Dalam dunia digital yang dinamis ini, penting bagi bisnis untuk tetap ter-update dengan tren terkini. A/b testing memungkinkan bisnis untuk secara terus-menerus menguji dan memperbarui strategi marketing mereka sesuai dengan perubahan perilaku konsumen dan perubahan tren di industri. 

3. Menurunkan Bounce Rate

Bounce rate bisa dibilang jadi salah satu tantangan utama bagi bisnis yang memiliki website. Dengan menggunakan a/b testing untuk mengoptimalkan layout, navigasi, dan landing page, bisnis bisa menurunkan bounce rate mereka secara signifikan. Ini secara otomatis bisa membuat pengunjung betah di website kamu dan meningkatkan peluang konversi.

4. Meningkatkan Conversion Rate

Tujuan akhir dari setiap strategi marketing yang dijalankan pasti untuk meningkatkan conversion rate. Dengan a/b testing, bisnis mempunyai gambaran jelas yang bisa mendorong audiens melakukan aksi tertentu. Pastikan kamu mengumpulkan data yang komprehensif dari a/b testing agar penyesuaian strateginya berjalan efisien.

Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang a/b testing dan fungsinya bagi bisnis. Dilihat dari manfaat tadi, ternyata a/b testing ini jadi salah satu teknik yang sangat penting ya. 

Nggak heran kalau banyak bisnis diluar sana yang berhasil mendapat kesuksesan jangka panjang lewat a/b testing ini. Nah, sekarang kamu harus pertimbangin juga nih buat melakukan a/b testing

Kalau kamu masih kebingungan dan butuh bantuan, hubungi kita aja! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya banyak services yang bisa membantu mengatasi segala permasalahan bisnis kamu. 

Mulai dari Digital Ads, Performance Creative, SEO, Growth Hack, Web Development, Community Development, sampai Corporate Training. Semua services itu bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Kamu nggak perlu khawatir karena BDD berkomitmen untuk mengembangkan bisnis kamu ke level selanjutnya lewat metode dan value yang kita bawa. Bahkan, sampai sekarang kita udah dipercaya sama lebih dari 850 brand di berbagai industri untuk meng-handle bisnis mereka.

Kamu kapan nih, Buddies? Yuk, langsung aja hubungi BDD dan konsultasiin semua permasalahan bisnismu pada kita. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×