Homepage 5 Min Essential Mau Ngiklan di Google? Ce...

Mau Ngiklan di Google? Cek Dulu Cara Kerja Google Ads Disini!

02 Mar 2024

Siapa yang nggak tau Google? Perusahaan teknologi raksasa itu sekarang sudah semakin berkembang dan punya banyak platform untuk memanjakan penggunanya. 

Google ads jadi salah satu platform besutan Google yang paling populer, khususnya bagi advertiser atau pengiklan. Gimana nggak, Google ads memungkinkan para advertiser untuk menjangkau lebih banyak target audiens bisnisnya.

Nggak cuma itu, Google ads juga menawarkan kemudahan dalam mengukur hasil iklan yang sudah dijalankan. Dengan kemampuannya itu, nggak heran kalau hampir semua brand sekarang ini menggunakan Google ads untuk meningkatkan visibilitasnya.

Tapi kamu tau nggak sih gimana cara kerja Google ads? Kalau belum, simak artikel ini sampai selesai ya!

1. Advertiser menentukan tujuan iklan

Sebelum meluncurkan campaign atau iklan di Google ads, advertiser akan diminta oleh Google untuk menentukan tujuan mereka. Pilihannya pun cukup beragam, mulai dari meningkatkan sales, meningkatkan brand awareness, mengarahkan traffic ke website mereka, dan masih banyak lagi.

2. Advertiser menentukan opsi bid

Selanjutnya, advertiser harus memilih opsi bid atau opsi pembayaran yang bisa disesuaikan dengan budget mereka. Google ads sendiri punya beberapa opsi bid yang bisa advertiser pilih, ada cost-per-click (CPC), cost-per-engagement (CPE), dan cost-per-mile (CPM).

3. Advertiser melakukan bid pada keyword

Advertiser juga perlu mempertimbangkan keyword atau kata kunci mana yang relevan dengan bisnis atau produk mereka. Setelah itu, lakukan penawaran yang kompetitif untuk mendapatkan posisi teratas dalam hasil pencarian. Pemilihan keyword ini sangat penting untuk memastikan iklan kamu bisa dilihat oleh target audiens di berbagai platform, seperti search engine result page (SERP) atau YouTube.

4. Penentuan harga lewat quality score

Quality Score adalah penilaian Google yang dilihat dari kualitas dan relevansi iklan, keyword, dan landing page. Semakin tinggi Quality Score nya, akan membuat posisi iklan lebih baik, sekaligus menghasilkan biaya yang lebih rendah.

5. Ad Rank menentukan posisi iklan

Ad rank atau peringkat iklan adalah faktor kunci dalam menentukan dimana posisi iklan kamu akan dimunculkan. Ad rank sendiri dihitung dari nilai Quality Score yang dikalikan dengan bid pada keyword. Ini adalah faktor penting dalam menentukan tercapai atau nggaknya tujuan iklan kamu di awal. 

Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang Google ads dan tahapan-tahapan cara kerjanya. Dengan memahami dan mengoptimalkan tahapan-tahapan itu, kamu bisa memaksimalkan potensi campaign secara optimal di Google ads.

Nggak bisa dipungkiri kalau hampir semua advertiser perlu Google ads untuk menunjang tujuan pemasaran mereka. Jadi, nggak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan kelebihan Google ads, karena sudah banyak hasil yang terbukti efektif. 

BDD Digital Ads Service

Kalau kamu masih bingung untuk ngiklan di Google ads, hubungi kita aja! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service digital ads yang siap bantu kamu dalam mengeksekusi dan menjalankan campaign marketing

Lewat service ini, kita juga berkomitmen untuk meraih growth optimal dengan berbagai actionable strategies yang disiapin sama  tim profesional BDD. Kamu tenang aja, karena tim digital ads BDD udah certified di masing-masing channel, jadi terpercaya deh!

Ditambah lagi, kita adalah open dashboard agency loh. Artinya, kamu bisa track langsung uang yang udah dikeluarin larinya kemana. Menarik ‘kan? Yuk, tunggu apalagi? Langsung aja hubungi kita atau klik Digital Ads BDD untuk dapetin info selengkapnya. 

Baca juga: Deretan Contoh Iklan Google Ads untuk Bisnis, Pernah Liat?

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×