Homepage 5 Min Essential Apa Itu LSI Keyword? Peng...

Apa Itu LSI Keyword? Pengertian, Manfaat, dan Cara Menemukannya

04 Jan 2024

Pernah gak sih kamu menggunakan keywordbootcamp digital marketing‘ dalam konten website mu. Tapi, orang lain malah memasukkan istilah ‘kelas pemasaran digital’ saat mencari di Google.

Kira-kira apakah mereka bakal nemuin konten kamu? Kemungkinan besar nggak, lho.

Meskipun kedua frasa tersebut punya arti yang sama, Google nggak selalu menyarankan situs kamu kepada mereka jika kamu terus menggunakan istilah ‘bootcamp digital marketing‘.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu memanfaatkan kata kunci latent semantic indexing (LSI). 

Apa itu LSI keyword? Apa manfaatnya untuk website mu? Dan gimana cara menemukan LSI yang baik? Semua pertanyaan tersebut bakal kita bahas di artikel ini. Simak ya, Buddies!

Pengertian LSI

Istilah ini memang belum awan digunakan di kalangan content marketer. LSI atau Latent Semantic Indexing LSI keyword merujuk pada kata kunci substitusi yang terkait dengan kata kunci utama. 

Penggunaan LSI bermanfaat untuk menginformasikan  mesin pencari tentang topik yang dibahas pada halaman tertentu di website.

Keyword  penting bagi SEO. Tapi, Google juga mendeteksi tingkat relevansi kontenmu dengan apa yang dicari oleh pengguna. 

Jadi, dengan menambahkan LSI keyword, Google bisa memahami bahwa kontenmu memiliki konteks yang sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan.

Manfaat LSI

Gimana, kamu tertarik menggunakan LSI setelah membaca penjelasan diatas? LSI punya banyak manfaat untuk memaksimalkan performa kontemmu, lho! 

Apa aja manfaat LSI? Yuk kita bahas!

  • Kualitas konten meningkat karena menggabungkan berbagai istilah terkait dengan keyword.
  • Konten tetap relevan tanpa perlu kelebihan penggunaan keyword.
  • Kemungkinan lebih besar konten ditemukan oleh banyak pengguna internet.
  • Search engine bisa memberikan peluang peringkat yang lebih tinggi karena terdapat beragam istilah yang meningkatkan peringkat situs tersebut.
  • Mencegah sanksi dari Google akibat penggunaan keyword yang terlalu berlebihan.

Cara Menemukan LSI

Kamu mungkin bertanya-tanya gimana sih cara nentuin LSI yang tepat agar bisa memaksimalkan performa konten di website mu.

Tenang aja, kita akan jabarkan beberapa cara menemukan LSI. Diantaranya: 

Memperhatikan Search Box

Salah satu cara menemukan LSI keyword adalah dengan memperhatikan kotak pencarian atau search box di Google.

Ketika kamu mengetik kata kunci tertentu di dalam kotak pencarian, nantinya  akan otomatis muncul berbagai opsi kata kunci lain yang relevan. Keyword-keyword ini mencerminkan istilah yang sering dicari oleh pengguna Google.

Mencari Penelusuran Terkait

Memperhatikan pencarian terkait atau ‘related searches’ juga menjadi salah satu cara menemukan LSI. Kata-kata yang tercantum di bagian tersebut bisa kamu jadikan sebagai LSI keyword di kontenmu.

Kata kunci yang digunakan adalah ‘parfum pria’. Maka, otomatis kamu juga akan menemukan keyword lainnya yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Perhatikan ‘Orang Juga Bertanya’

Fitur Google lain yang nggak kalah menariknya adalah ‘People also ask’ atau ‘Orang juga bertanya’.

Saat melakukan pencarian di Google, kamu akan melihat fitur di halaman hasil pencarian yang menampilkan pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna terkait kata kunci yang kamu masukkan.

Pertanyaan tersebut bisa kamu jadikan LSI untuk kontenmu. Terlihat seperti contoh di atas yang muncul saat kamu mencari keyword ‘sepatu pria’

Memanfaatkan Google Trends

Kalau kamu bekerja di bidang content marketing, pasti udah gak asing lagi dengan Google Trends. 

Layanan dari Google ini memberikan informasi tentang kata kunci yang sedang populer atau banyak dicari di Google. 

Dengan memasukkan kata kunci yang ingin digunakan, kamu akan menemukan beragam istilah terkait yang relevan.

Nah, sekarang kamu jadi tau kan gimana peran LSI serta gimana menemukan LSI yang baik untuk konten website mu. LSI ini penting lho, apalagi bagi kamu yang bekerja sebagai SEO Specialist

Sebagai catatan, LSI keyword bukan satu-satunya faktor penentu kesuksesan pemasaran konten, masih ada banyak aspek lain yang perlu diperhatikan. 
Oleh karena itu, buat yang tertarik mempelajari aspek SEO lainnya, kamu bisa mengikuti bootcamp SEO Specialist di Boleh Belajar. Bootcamp ini akan membahas lebih dalam cara untuk  mengoptimasi situs mu dari kacamata SEO.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×