Homepage 5 Min Essential Memahami Berbagai Jenis S...

Memahami Berbagai Jenis SEO dan Elemen-Elemen Pendukungnya

28 May 2024

Bagi bisnis yang punya website, pasti udah tau dong seberapa penting traffic. Nah, dengan punya website aja nggak akan bikin traffic datang dengan sendirinya loh, Buddies. Kamu tetap harus mengoptimasi search engine optimization (SEO) biar website kamu banyak dikunjungi konsumen. 

Untuk mengoptimasi SEO website, kamu bisa menggunakan jasa SEO specialist, digital marketing agency, freelance SEO, atau bahkan bisa coba sendiri. Bingung mulainya dari mana?

Pertama, kamu harus memahami dulu jenis-jenis SEO yang ada di luar sana. 

1. SEO On-Page (On-Site SEO)

SEO On-Page atau yang juga dikenal On-Site SEO adalah jenis SEO yang berkaitan dengan pengoptimalan elemen-elemen konten di website. Berbagai konten di website harus bermanfaat dan mudah dipahami agar mendapat peringkat di search engine (mesin pencari). Beberapa elemen yang harus diperhatikan di SEO On-Page terdiri dari:

  • Keyword: SEO On-Page melibatkan proses keyword research (riset kata kunci) relevan yang banyak dicari pengguna untuk dimasukkan ke dalam konten.
  • Kualitas Konten: Konten SEO juga harus berkualitas, artinya user-friendly dan search engine-friendly. Caranya bisa dengan membuat artikel informatif, menyertakan keyword relevan, dan memperhatikan struktur konten. 
  • Metadata: Metadata adalah elemen yang mengoptimalkan konten SEO dari sisi title tags, header tags, dan meta descriptions. Fungsinya untuk menjelaskan secara singkat tentang konten tersebut kepada search engine dan juga konsumen. 
  • Optimasi Gambar: Gambar juga berpengaruh untuk konten SEO. Jadi, pastikan gunakan alt text yang deskriptif dan file name nya mengandung keyword.
  • Struktur URL: Struktur URL harus mengandung keyword agar memudahkan search engine memahami isi kontennya. Coba hindari penggunaan URL yang rumit dan buat sesederhana mungkin. 

2. SEO Off-Page (Off-Site SEO)

Berbanding terbalik dengan On-Page, SEO Off-Page adalah jenis SEO yang berfokus meningkatkan performa website dengan mengoptimalkan faktor-faktor di luar website itu sendiri. Tujuannya nggak lain untuk meningkatkan otoritas website, reputasi, dan relevansi di sisi search engine

  • Backlink: Backlink adalah penempatan link/tautan dari website lain ke website kamu. Backlink menjadi salah satu teknik yang paling umum dilakukan karena bisa meningkatkan visibilitas, sekaligus menarik lebih banyak traffic ke website kamu, Buddies
  • Social Media Marketing: Banyaknya aktivitas di media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk mendorong traffic ke website. Jadi, mulai coba bagikan konten secara rutin di platform media sosial dan lebih banyak berinteraksi dengan audiens.
  • Influencer Marketing: Mengoptimalkan website lewat influencer marketing pun jadi salah satu opsi menarik loh, Buddies. Opsi Ini dianggap menarik karena nggak terlepas dari besarnya basis audiens influencer yang bisa memudahkan promosi konten website kamu. 
  • Digital Ads: Opsi lain yang juga cukup efektif adalah lewat digital ads. Menempatkan iklan di website eksternal dan search engine memungkinkan kamu untuk dapetin peningkatan visibilitas dan awareness

3. Technical SEO

Technical SEO melibatkan pembuatan website yang membantu search engine merayapi (crawling) dan mengindeks (indexing) website dengan lebih mudah. Berikut adalah beberapa aspek penting dari technical SEO:

  • Kecepatan Website: Kecepatan load website kamu sangat krusial loh dalam mengoptimalkan ranking di search engine. Belum lagi, kecepatan website juga berpengaruh bagi pengalaman konsumen. Jadi, coba perhatikan kecepatan website kamu dengan menggunakan tools seperti Google PageSpeed Insights untuk mengidentifikasi masalah yang memperlambat website kamu.
  • Mobile-Friendliness: Sekarang, hampir semua orang banyak mengakses internet lewat smartphone. Lebih lanjut lagi, sekarang juga Google mulai menerapkan mobile-first indexing untuk menentukan ranking. Jadi, pastikan website kamu responsif dan berfungsi dengan baik di perangkat mobile.
  • Identifikasi Crawl Error: Ini adalah proses menemukan dan mengatasi error yang menghalangi search engine mengakses konten website. Error yang terjadi bisa bermacam-macam, seperti broken link dan missing page. Dengan memperbaiki crawl error, nantinya kamu bisa dengan lebih gampang meningkatkan performa website

Maksimalkan Potensi Website Kamu dengan Service SEO BDD!

Remember, SEO is a marathon, not a sprint. Untuk mencapai kesuksesan SEO butuh kesabaran dalam prosesnya. SEO memang bukan strategi yang cukup dilakukan sekali dan dilupakan begitu aja. Dibutuhkan optimasi berkelanjutan untuk bisa merasakan hasilnya dalam jangka panjang. 

Kalau kamu kesulitan mengelola website dan mengoptimasi SEO nya, kita bisa jadi partner yang tepat buat kamu! Sebagai digital marketing agency, Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service search engine optimization (SEO) yang bisa bantu kamu meningkatkan performa website secara organik. 

Dengan service SEO BDD, kamu bakal dapetin layanan yang lengkap. Mulai dari website audit, keyword research, competitor analysis, SEO maintenance, sampai monitor & reporting nya semua kita handle!

Gimana, menarik ‘kan? Yuk, nggak perlu berlama-lama lagi, langsung aja hubungi kita atau klik Services SEO BDD untuk dapetin info selengkapnya, Buddies

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×