Homepage 5 Min Essential Mengenal Competitive Adva...

Mengenal Competitive Advantage, Strategi Memenangkan Pasar!

22 Mar 2024

Untuk kamu para business owners, penting banget untuk memahami apa itu competitive advantage atau keunggulan kompetitif. Gimana nggak, dengan competitive advantage, bisnis bisa lebih mudah memenangi market dan mencapai pertumbuhan jangka panjang. 

Tapi, sebenarnya competitive advantage itu apa sih? Sederhananya, competitive advantage adalah konsep dalam bisnis ketika suatu brand punya atribut yang lebih baik dibanding kompetitor. 

Competitive advantage memang sangat diperlukan, mengingat ada banyaknya brand yang menawarkan produk serupa. Nah konsep bisnis ini punya beberapa komponen yang harus diperhatikan, seperti:

  • Value proposition: Brand harus menawarkan value yang jelas dari fitur atau layanan mereka.
  • Target market: Brand harus menetapkan target market untuk mengembangkan best practices yang akan mempertahankan daya saing. 
  • Competitors: Brand harus mengetahui kompetitornya di pasaran dan value yang mereka tawarkan. 

Selain itu, competitive advantage juga terdapat beberapa jenisnya. Untuk selengkapnya, simak artikel ini sampai beres ya!

1. Comparative Advantage

Comparative advantage merujuk pada kemampuan suatu bisnis dalam memproduksi produk atau layanan yang lebih efisien dibanding kompetitornya. Efisien disini berarti mempunyai produk yang lebih berkualitas dengan biaya yang cenderung rendah. Biasanya jenis comparative advantage ini dipengaruhi oleh lokasi geografis dan sistem internal yang efisien.

2. Differential Advantage

Berbeda dengan jenis sebelumnya, differential advantage diartikan sebagai kemampuan suatu bisnis untuk menawarkan produk atau layanan yang unik dan berbeda dari kompetitornya. Competitive advantage jenis ini bisa dicontohkan oleh brand Apple yang terkenal dengan sistem operasi iOS. Sistem operasi tersebut cuma ada di perangkat Apple, sedangkan smartphone lain menggunakan sistem operasi yang umum, yaitu Android.

3. Cost-based advantage

Cost-based advantage adalah saat suatu bisnis bisa menghasilkan atau menjual produk serupa dengan biaya yang lebih rendah daripada kompetitor. Competitive advantage jenis satu ini jadi salah satu yang paling populer dan efektif. Cost-based advantage bisa dicapai melalui efisiensi operasional, pengendalian biaya bahan baku, atau strategi manufaktur yang efektif.

Nah itulah penjelasan lengkap tentang competitive advantage, mulai dari pengertian, komponen, sampai jenis-jenisnya. Dengan memahami competitive advantage, bisnis bisa lebih mudah mengeksplor dan memanfaatkan value yang dimiliki untuk memenangkan persaingan di pasar. 

Nggak bisa dipungkiri kalau brand harus terus mengembangkan dan memperkuat competitive advantage mereka agar tetap relevan di dunia bisnis yang dinamis. Belum lagi brand juga perlu merencanakan berbagai strategi lain untuk mendorong pertumbuhannya. 

Tapi tenang, untuk membuat brand kamu tumbuh dan berkembang lebih besar lagi, kita siap bantu. Sebagai agency digital marketing, Boleh Dicoba Digital (BDD) bisa menyediakan solusi untuk segala permasalahan bisnis kamu. 

BDD juga punya service-service yang cukup beragam, mulai dari Digital Ads, Performance Creative, SEO, Growth Hack, Web Development, Community Development, sampai Corporate Training. Berbagai services itu kita sediakan untuk kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Jadi, mau pilih services yang mana nih Buddies? Kalau masih bingung, yuk konsultasiin dulu aja isu-isu di bisnis kamu kepada BDD.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×