Homepage 5 Min Essential Mengenal Content Marketin...

Mengenal Content Marketing, Pemasaran Modern yang Harus Kamu Tau!

22 Jan 2024

Hello Buddies! Kalian pernah dengar istilah content marketing? Istilah tersebut sering terdengar di zaman yang serba digital saat ini. 

Tapi kalian tahu gak sih sebenarnya apa yang dikerjakan oleh seorang content marketer dan skills apa saja yang harus dikuasai kalau ingin menjajal karier di bidang ini? 

Jangan khawatir! Kita akan membahas secara mendalam semua hal yang perlu kamu ketahui soal content marketing di bawah ini. Check it out!

Apa itu Content Marketing?

Dikutip dari Forbes, content marketing itu sebenarnya cara pemasaran untuk membuat dan menyebarkan konten yang bermanfaat, relevan, dan terus-menerus, agar bisa bikin orang yang jadi sasarannya tertarik.

Tapi, content marketing bukan sekadar membuat konten untuk para audiens yang haus informasi, lho Buddies! Content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama. 

Makannya, konten yang dibuat harus relevan biar tercipta perasaan butuh dari audiens yang akhirnya memiliki kedekatan emosi dengan konten yang dibuat.

Peran Content Marketing Dalam Bisnis

Mungkin kalian masih bertanya-tanya sebenarnya kenapa sih content marketing sangat penting dalam sebuah bisnis?

Ada beberapa manfaat dari content marketing, yaitu:

  • Menjadi Kesan Brand

Suatu brand pasti ingin dikenal terus sama target audience, konsumen, atau potential customer. Content marketing bisa bikin brand makin dikenal dan selalu ada di pikiran mereka. Dengan content marketing, target audience udah tau ada tentang brand, dan itu bisa bikin mereka jadi konsumen setia.

  • Pertimbangan

Selanjutnya, pertimbangan atau kondisi dimana konsumen lagi mikir buat milih-milih. Biasanya, konsumen bakal nyari tau lebih lanjut tentang suatu brand dan bandingin sama brand lain. Dengan content marketing, konsumen bisa dapet info dan bantu mereka buat memutuskan mau beli produk tersebut.

  • Proses Pembelian

Kalo produknya sesuai sama kebutuhan konsumen, ya terjadi proses pembelian. Dengan content marketing, konsumen bisa langsung beli tanpa harus mengecek sana-sini. Jadi, peran content marketing bakal ikut nentuin apakah konsumen bakal langsung beli atau mesti bandingin dulu.

Bentuk Content Marketing

Gimana nih? Sudah ada gambaran awal belum mengenai content marketing? Masih bingung harus membuat konten seperti apa? 

Ada 4 contoh konten dibawah ini yang bisa kalian gunakan sebagai inspirasi konten kalian:

1. Website atau blog

Kalau kamu belum punya wadah untuk menciptakan sebuah konten, website atau blog mungkin bisa kamu manfaatkan. Dalam website dan blog kamu bisa membuat artikel yang sesuai dengan target audiens mu. Pastikan juga situs atau blog mu enak dilihat dari smartphone. Ini karena mayoritas pengguna internet di Indonesia banyak yang mengakses konten melalui smartphone.

2. Video

Video masih menjadi wadah yang efektif dalam content marketing, terutama lewat YouTube. Kenapa? Ini karena kemudahan akses YouTube masih diminati oleh masyarakat di Indonesia. Disamping itu, konten dalam bentuk video akan lebih mudah dipahami dan dinikmati.

3. Infografik

Banyak orang haus akan informasi, tapi kadang kesulitan membaca data yang disajikan dalam penelitian atau tulisan panjang. Tren infografik yang saat ini sering digunakan oleh media bisa jadi salah satu solusinya. Infografik bisa menyajikan data yang rumit dalam bentuk yang mudah dipahami.

4. Podcast

Tren yang muncul memang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Contohnya podcast yang saat ini sedang hype di Indonesia. Beberapa pencipta konten atau brand juga memanfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan awareness. Audiens bisa menikmati kontenmu di mana saja dan kapan saja sambil mengerjakan hal-hal lainnya.

Skills yang Harus Dikuasai Seorang Content Marketer

Gimana? Sudah mulai tertarik untuk menekuni dunia content marketing? Kalau iya, ada baiknya kamu mengasah skill yang dibutuhkan oleh seorang content marketer yang ada dibawah ini:

  • Komunikasi

Skill dalam berkomunikasi sangat penting untuk pekerjaan di bidang apa pun. Tapi, di content marketing kamu harus bisa mengasah skill komunikasi baik secara lisan dan tulisan (verbal, dan nonverbal).

  • Bercerita

Podcast atau video merupakan salah satu bentuk konten yang bisa kamu coba dalam content marketing. Nah, untuk mengajak audiens agar selalu menonton video atau mendengarkan podcast, dibutuhkan keterampilan bercerita yang lihai. 

Kalau kamu punya keterampilan dan bakat dalam bidang ini atau ingin mengasahnya, kamu bisa mengikuti kelas public speaking atau kelas radio.

  • Menulis

Salah satu bentuk konten yang dibuat dalam content marketing adalah tulisan. Tulisan yang dibuat bisa dalam bentuk artikel, copywriting, status di media sosial, atau naskah video.

Kamu harus bisa beradaptasi untuk menulis dalam bermacam-macam gaya yang sesuai dengan target audiens. Untuk latihan menulis, kamu harus banyak-banyak membaca dari berbagai sumber dan menelaah mana style yang pas untuk produk mu.

  • Peka

Kamu harus selalu peka pada tren yang muncul saat ini.  Ikuti perkembangan apa yang saat ini sedang terjadi atau digemari banyak orang sehingga kontenmu nggak terlihat basi.

Intinya, content marketing adalah proses pembuatan dan penyebaran informasi yang bisa digunakan marketer untuk menggaet audiens. 

Semoga pembahasan diatas bisa menambah wawasan kalian tentang  dunia content marketing ya Buddies!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×