Homepage 5 Min Essential Mengenal Lebih Dalam CPM,...

Mengenal Lebih Dalam CPM, Cek Manfaat dan Cara Menghitungnya Disini!

22 May 2024

Sebagai advertiser atau marketer, penting untuk kamu memahami impact yang didapat oleh target audiens dari campaign yang udah dijalankan. Bahkan nggak cuma itu, kamu juga perlu tau seberapa banyak uang yang harus dikeluarkan agar campaign nya berjalan efektif.

Terus gimana caranya memahami hal-hal tadi? Jawabannya adalah mempelajari cost per mile (CPM). Sederhananya, cost per mile (CPM) adalah metrik yang digunakan dalam dunia digital advertising untuk menghitung biaya yang harus dibayar oleh advertiser atau pengiklan setiap 1.000 impressions

“Mile” dalam konteks ini berarti “seribu,” jadi nggak jarang CPM juga dikenal sebagai biaya per seribu. Di dunia digital marketing, CPM bisa dibilang salah satu strategi paling populer dan banyak digunakan dalam marketing campaign, khususnya di platform seperti Google Ads, Facebook Ads, dan channel iklan lainnya.

Agar lebih mengenal lebih dalam tentang istilah ini, kita udah siapin semua pembahasannya di bawah. Simak, ya!

Manfaat CPM untuk Brand

  1. Ramah Budget: CPM memberikan advertiser kontrol yang lebih baik terhadap budget mereka. Dengan membayar berdasarkan jumlah impressions, brand bisa menjangkau audiens yang lebih luas tanpa perlu khawatir dengan biaya tambahan yang nggak terduga.
  2. Meningkatkan Brand Awareness: Karena pengeluarannya didasarkan pada impressions, CPM sangat cocok untuk campaign yang bertujuan meningkatkan brand awareness, Buddies. Jadi, semakin banyak orang yang melihat iklan, semakin besar juga peluang brand untuk dikenal.
  3. Pengukuran yang Mudah: CPM punya berbagai cara yang sederhana untuk mengukur kinerja campaign iklan. Brand bisa dengan mudah membandingkan biaya iklan dengan jumlah impressions yang diterima. Ini secara otomatis memungkinkan mereka untuk menilai efektivitas campaign dengan cepat.

Impressions vs Page Views

Biar kamu lebih memahami CPM dengan lebih baik, penting juga untuk mengetahui apa itu impressions dan page views:

Impressions

Impressions merujuk pada jumlah berapa kali iklan ditampilkan kepada pengunjung. Jadi, setiap kali iklan muncul di layar pengunjung, itu dihitung sebagai satu impression. Nggak peduli apakah pengunjung mengklik iklan tersebut atau nggak, impression tetap dihitung setiap kali iklan muncul.

Page Views

Berbeda dengan impressions, page views adalah jumlah total halaman yang dilihat oleh pengunjung di sebuah website. Setiap kali pengunjung membuka halaman baru atau menyegarkan halaman yang sama, itu dihitung sebagai satu page view. Page views berbeda dengan impressions karena page views mengacu pada jumlah tampilan halaman website sementara impressions khusus untuk tampilan iklan.

Kedua metrik ini penting karena memberikan gambaran tentang seberapa sering konten atau iklan dilihat oleh audiens. Metrik ini membantu pengiklan memahami seberapa luas jangkauan campaign mereka dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Cara Menghitung CPM

Cara menghitung CPM itu cukup sederhana loh Buddies. Rumusnya adalah:

CPM=(Biaya Iklan/Jumlah Impressions) × 1000

  • Biaya iklan: Total biaya yang dikeluarkan oleh advertiser
  • Impressions: Jumlah tayangan iklan yang dilihat audiens/ pengunjung

Misalkan sebuah brand menghabiskan Rp2.000.000 untuk campaign iklan dan iklan tersebut menghasilkan 500.000 impressions. Jadi, CPM bisa dihitung sebagai berikut:

CPM=(2.000.000/500.000) × 1000 = 4.000

Jadi, biaya per seribu tampilan untuk campaign iklan tersebut adalah Rp 4.000.

Nah, itu tadi penjelasan lengkap tentang cost per mile (CPM), mulai dari pengertian, manfaat, sampai cara menghitungnya. Seperti yang udah sempat disampaikan di atas, CPM ini jadi salah satu strategi digital marketing yang paling populer.

Tapi, selain CPM, masih banyak strategi digital marketing lainnya yang nggak kalah ampuh loh Buddies. Kalau kamu penasaran dan butuh bantuan menjalankan strategi digital marketing kamu, hubungi kita aja!

Boleh Dicoba Digital (BDD) menawarkan banyak services yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. Mulai dari Digital Ads, Performance Creative, SEO, Growth Hack, Web Development, Community Development, sampai Corporate Training

Sampai sekarang kita udah dipercaya sama lebih dari 850 brand di berbagai industri. Jadi, kamu nggak perlu ragu lagi deh nyerahin permasalahan bisnis kamu ke BDD.

Yuk, tunggu apalagi? Langsung aja hubungi kita untuk konsultasiin kebutuhan kamu, Buddies!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×