Homepage 5 Min Essential Mengenal Performance Mark...

Mengenal Performance Marketing, Strategi Jitu Dalam Menjalankan Campaign

27 May 2024

Kita semua tau kalau marketing dan advertising jelas jadi aspek penting dalam sebuah bisnis. Tapi faktanya, masih banyak business owners yang justru kehilangan uangnya dari beriklan dan nggak tau salahnya di mana. 

Kegelisahan para business owners itu sering banget terjadi di era digital marketing seperti sekarang ini. Untungnya, kini ada performance marketing yang dianggap jadi solusi dari isu yang dialami oleh para business owners

Apa Itu Performance Marketing?

Performance marketing adalah result-driven approach (strategi marketing yang berorientasi pada hasil), di mana marketer atau advertiser hanya harus membayar ketika objektif bisnisnya tercapai. Objektifnya pun bermacam-macam, bisa dari clicks, leads, atau bahkan sales.

Dalam praktiknya, performance marketing terdapat di beberapa marketing channel, seperti affiliate marketing, pay per click (PPC), search engine marketing (SEM), dan social media advertising

Secara proses kerja, strategi marketing satu ini bergantung pada serangkaian prinsip yang bisa mendukung bisnis untuk mencapai objektifnya dengan berkelanjutan dan juga terukur. Prinsip-prinsip itu adalah:

  • Data: Data is a crucial element, Buddies. Di era sekarang kamu nggak bisa cuma sekedar memasang iklan dan berharap hasil terbaik. Perlu ada pendekatan kreatif berbasis data untuk mengoptimalkan efektivitas campaign dan memaksimalkan return on ad spend (ROAS). Nah, dengan data, kamu bisa mengidentifikasi tren, sekaligus merancang strategi yang sesuai dengan customer behavior dan target audiens. 
  • Integrated Channel: Performance marketing nggak cuma bergantung pada satu channel aja. Artinya, penting untuk menyelaraskan pendekatan dan strategi marketing kamu di beberapa platform digital, seperti SEM, social media advertising, display advertising, dan affiliate marketing
  • Beyond Paid Media: Benar kalau performance marketing umumnya berfokus pada paid acquisition. Tapi sebagai catatan, paid acquisition itu cuma langkah awalnya aja lho, Buddies. Langkah selanjutnya berfokus pada strategi setelah user mengunjungi website. Caranya bisa dengan conversion rate optimization (CRO) atau akselerasi UI/UX. 

Manfaat Performance Marketing

Semua upaya periklanan yang kamu lakukan di berbagai channel marketing pasti akan berdampak besar pada bisnis kamu, selama direncanakan dan dieksekusi dengan baik. Apa aja manfaatnya?

  • ROAS yang Terukur

ROAS adalah metrik untuk melihat total keuntungan yang diperoleh dari dana yang dikeluarkan pada suatu campaign.Performance marketing memberikan pemahaman yang jelas kalau upaya periklanan yang dilakukan bisa memberikan hasil yang nyata. Nggak cuma itu, performance marketing juga memungkinkan kamu untuk membuat keputusan yang tepat tentang alokasi budget dan mengoptimalkan campaign.

  • Efektivitas Biaya

Seperti yang udah dijelaskan di awal, strategi performance marketing cuma harus dibayar ketika objektifnya tercapai. Dengan berfokus pada hasil yang spesifik, kamu nggak perlu lagi menggelontorkan uang dengan cuma-cuma. Hasilnya, budget kamu pun akan tersalurkan dengan lebih efektif kepada campaign-campaign yang berkualitas.

  • Skalabilitas

Performance marketing campaign cukup mudah disesuaikan dengan kondisi market dan batasan budget. Jadi, pastikan strategi yang kamu rancang responsif ya, Buddies. Nantinya, kamu bisa memilih untuk meningkatkannya kalau hasilnya terlihat positif, dan juga bisa menurunkannya kalau hasilnya nggak sesuai dengan ekspektasi.

Partner yang Tepat, Kunci Sukses Performance Marketing Bisnis

Harus selalu diingat kalau performance marketing adalah proses perjalanan yang panjang. Perlu optimasi, eksperimen, dan kolaborasi yang berkelanjutan untuk memastikan hasil maksimal. Jadi, nggak heran kalau memilih partner yang tepat dianggap jadi fokus krusial dalam memaksimalkan performance marketing

Nah, kalau kamu kebingungan mencari partner yang ideal buat menggarap performance marketing bisnis kamu, hubungi kita aja! Boleh Dicoba Digital (BDD) jadi salah satu agensi performance marketing yang banyak dipercaya sama lebih dari ratusan brand, lho. 

Nggak cuma itu, BDD juga bahkan menawarkan banyak services yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti:

Digital Ads, Creative Content Development, Search Engine Optimization (SEO), Growth Hack, Website Development, Community Development, dan Corporate Training

Lewat berbagai services ini, kita udah bekerja sama dengan lebih dari 850 brand di berbagai industri. Mau raih sukses seperti 850+ band yang percayain kebutuhannya ke BDD juga? Yuk, nggak perlu ragu lagi, langsung aja hubungi kita atau kunjungi website BDD untuk dapetin info selengkapnya.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×