Homepage 5 Min Essential Mengulas Pay Per Click (P...

Mengulas Pay Per Click (PPC) dan 4 Rekomendasi Platformnya, Mana Favoritmu?

23 Apr 2024

Di dunia marketing, banyak model atau strategi yang bisa dimanfaatkan bisnis untuk mencapai berbagai objektifnya. Kalau bisnis kamu berfokus untuk meningkatkan traffic, salah satu strategi yang bisa dicoba adalah pay per click (PPC), Buddies.

Pay per click adalah model digital advertising yang mengharuskan advertiser membayar sejumlah biaya setiap iklan mereka di klik oleh audiens. PPC bisa membantu bisnis untuk menarik konsumen baru dengan cara menargetkan iklannya kepada audiens tertentu. 

Biasanya PPC sering dikaitkan dengan search engine optimization (SEO). Kenapa? Karena keduanya adalah strategi digital marketing yang memungkinkan bisnis mendapat banyak traffic. Terus apa perbedaan dari PPC dan SEO?

Sederhananya, PPC adalah paid search atau pencarian berbayar, sedangkan SEO berfokus untuk mendapatkan traffic organik secara gratis. Dengan PPC, kamu bisa mendorong traffic secara cepat dibanding SEO yang membutuhkan waktu cukup lama, bahkan bisa berbulan-bulan.

Jadi kalau kamu butuh traffic yang instan, PPC jadi strategi yang cocok untuk diimplementasikan. Sekarang ini udah banyak loh platform-platform yang menawarkan strategi PPC terbaik. Penasaran ada apa aja? Simak artikel ini ya!

1. Google Ads

Google ads adalah salah satu platform PPC paling populer dan terbesar di dunia. Gimana nggak? Dikutip dari Semrush, market share Google ads mencapai 28% loh Buddies. Angka itu nggak mengherankan karena Google ads memanjakan penggunanya dengan menawarkan banyak jenis campaign yang bisa dicoba, seperti search ads, display ads, video ads, dan shopping ads.

2. Meta Ads

Meta ads atau sebelumnya dikenal dengan Facebook ads juga jadi platform yang nggak kalah populer. Platform ini menaungi dua channel media sosial terbesar, yaitu Facebook dan Instagram. Jadi dengan Meta ads, kamu bisa menjalankan PPC di kedua channel itu Buddies. Meta ads juga menawarkan opsi penargetan yang sangat spesifik berdasarkan demografi dan minat.

3. TikTok Ads

Perkembangan TikTok dari tahun ke tahun semakin pesat dan membuat penggunanya terus bertambah banyak. Sekarang saja total pengguna TikTok melebihi 1.7 miliar users di seluruh dunia. Dengan jumlah itu, bisnis bisa menjangkau banyak audiens lewat iklan PPC. TikTok ads sendiri punya beberapa opsi iklan yang bisa dipilih, termasuk branded hashtags dan in-feed ads.

4. LinkedIn Ads

LinkedIn ads adalah platform PPC yang dirancang khusus untuk bisnis dan profesional. Dengan LinkedIn ads, kamu bisa menjangkau lebih dari 900 juta audiens profesional di seluruh dunia. Platform ini menawarkan berbagai opsi penargetan, termasuk demografis, pekerjaan, industri, dan minat, serta berbagai jenis iklan, mulai dari iklan teks, iklan gambar, sampai iklan video. 

Nah itu tadi penjelasan tentang pay per click (PPC) dan beberapa rekomendasi platform untuk menjalankannya. Sebagai catatan, iklan PPC nggak cuma muncul di search engine aja ya Buddies, tapi juga bisa di website, media sosial, atau digital channel lainnya. 

Memilih platform PPC yang tepat bisa dibilang sebagai kunci untuk mencapai marketing objective bisnis kamu. Jadi, pertimbangkan karakteristik target audiens kamu, jenis produk, dan juga format iklan sebelum memilih platform PPC. 

Menjalankan iklan digital memang cukup menantang, khususnya bagi brand yang nggak punya sumber daya khusus untuk mengeksekusinya. Jadi nggak sedikit brand yang lebih memilih bekerja sama dengan digital advertising agency atau digital marketing agency agar iklan yang diluncurkan lebih berjalan efektif. 

BDD Digital Ads Service

Salah satunya Boleh Dicoba Digital (BDD), digital marketing agency yang udah banyak dipercaya oleh klien untuk meng-handle campaign mereka. BDD sendiri memang punya service digital ads yang bisa bantu brand mengoptimasi performa iklan dan mengatasi segala isu terkait campaign

Kita berkomitmen untuk mengembangkan bisnis kamu dengan meraih growth secara maksimal lewat actionable strategies yang disiapin oleh tim profesional BDD. Kamu juga nggak perlu khawatir karena tim digital ads BDD udah certified di masing-masing platform, jadi makin terpercaya deh!

Belum lagi, BDD adalah open dashboard agency, artinya kamu bisa lacak langsung uang yang dikeluarkan larinya kemana. Sampai sekarang, udah ada lebih dari 400 brand di berbagai industri yang percayain kita untuk meng-handle bisnis mereka untuk beriklan di platform-platform digital. 

Kamu kapan nih, Buddies? Yuk, tunggu apalagi? Langsung aja hubungi kita atau klik BDD Digital Ads untuk dapetin info selengkapnya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×