Homepage 5 Min Essential Optimalkan Bisnis Lewat E...

Optimalkan Bisnis Lewat Email Marketing! Cek Manfaat dan Jenisnya

12 Feb 2024

Perkembangan digital marketing memaksa para pelaku bisnis harus terus kreatif dalam menentukan strategi untuk memasarkan bisnisnya. Sekarang ini banyak pilihan strategi yang bisa dipilih untuk memaksimalkan pemasaran secara digital, salah satunya email marketing.

Sesuai namanya, email marketing adalah bagian dari strategi digital marketing yang memanfaatkan penggunaan email untuk mempromosikan suatu produk atau layanan. Email sendiri memang jadi salah satu media komunikasi tertua yang masih banyak digunakan oleh orang-orang. 

Kalau dilihat dari manfaatnya, email marketing ini punya banyak keuntungan loh untuk bisnis, seperti:

  • Lebih efektif dan hemat biaya: Lewat email marketing, pesan yang ingin disampaikan bisa menjangkau puluhan ribu target audiens dan sekaligus mendapatkan ROI 4x lebih banyak dari media sosial
  • Menjangkau target audiens spesifik: Email marketing bisa ditargetkan kepada target audiens tertentu melalui segmentasi berdasarkan minat, lokasi atau geografis.
  • Meningkatkan penjualan: Bisa digunakan sebagai media untuk menawarkan promosi dengan disertai call-to-action (CTA)
  • Media komunikasi dengan konsumen: Email marketing memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan konsumen. 
  • Meningkatkan traffic website: Traffic website bisa menjulang tinggi dengan mengirim email newsletter secara rutin yang berisi CTA menarik. 

Nah setelah lihat beberapa manfaatnya, kamu juga harus tau beberapa jenis email marketing Buddies! Penasaran? Simak artikel ini ya. 

1. Newsletter

Newsletter menjadi salah satu jenis email marketing yang paling banyak digunakan. Isi email-nya pun biasanya berupa kumpulan artikel informatif dengan dilengkapi fitur call to action (CTA) untuk menarik minat audiens membaca email tersebut.

2. Welcome Email

Sesuai namanya, welcome email adalah jenis email yang berisi kalimat sambutan atau ucapan terima kasih karena sudah berlangganan di suatu bisnis. Selain berisi kalimat sambutan, isi email-nya juga bisa ditambah dengan informasi tentang produk atau penawaran khusus.

3. Announcement

Jenis email satu ini berfungsi agar audiens tetap update mengenai perkembangan suatu bisnis. Seperti namanya, tujuannya sendiri memang untuk mengumumkan hal-hal baru terkait bisnis yang bisa membuat audiens tertarik untuk mencari tau lebih detail.

4. Follow Up Email

Jenis email marketing lain yang bisa digunakan dalam bisnis adalah dengan menggunakan teknik follow up kepada calon konsumen yang akan melakukan transaksi. Teknik ini juga bisa digunakan pada konsumen yang sudah pernah membeli produk dengan tujuan membangun kepercayaan sehingga meningkatkan peluang konsumen untuk repeat order.

5. Offering Email

Email penawaran atau offering email adalah jenis email yang bertujuan untuk memancing audiens agar melakukan transaksi pembelian. Konten di dalamnya pun harus berisikan penawaran-penawaran menarik terkait bisnis, seperti promo atau diskon sehingga menambah peluang terjadinya transaksi.

Nah, itulah beberapa manfaat dan jenis-jenis email marketing yang mungkin belum kamu tau. Melihat dari manfaatnya, ternyata email marketing ini cukup penting perannya ya Buddies! 

Bahkan riset Hubspot mengungkapkan kalau 59% menganggap email adalah sumber Return of Investment (ROI) mereka loh. Jadi, nggak heran kalau email marketing masih banyak digunakan oleh para brand owners atau marketer di era sekarang. 

Selain email marketing, masih banyak strategi lain yang bisa dipilih untuk memaksimalkan pemasaran secara digital. Kalau kamu butuh bantuan, hubungi Boleh Dicoba Digital (BDD) aja!

BDD adalah agensi digital marketing yang siap membantu kamu mengatasi berbagai permasalahan bisnis lewat service-service yang ada. Mulai dari Digital Ads, Creative Content Development, Search Engine Optimization (SEO), Web Development, Community Development, Growth Hack, dan Corporate Training

Sampai sekarang, BDD udah dipercaya oleh lebih dari 850 klien di berbagai industri lewat service-service itu. Next, giliran kamu Buddies! Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung aja hubungi kita dan konsultasiin semua isu bisnis kamu.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×