Homepage 5 Min Essential Pengen Bisnismu Semakin T...

Pengen Bisnismu Semakin Terukur? Cek Dulu 4 Fitur GA4 Ini!

21 Feb 2024

Salah satu tujuan utama dalam membuat bisnis atau website adalah untuk menjangkau banyak audiens dan menghasilkan profit. Demi memenuhi berbagai tujuan itu, diperlukan tools yang bisa menunjang segala aktivasi bisnis. 

Google Analytics menjadi satu dari sekian tools yang banyak dimanfaatkan oleh business owners atau marketer untuk membantu segala kebutuhan. Tools besutan Google itu sendiri memang menawarkan banyak kelebihan yang bisa memudahkan penggunanya. 

Tahun lalu, Google Analytics melakukan update menjadi Google Analytics 4 (GA4) yang menghadirkan lebih banyak fitur inovatif. Dengan GA4, para digital marketer bisa menganalisis data dengan lebih efektif untuk mendorong hasil maksimal. 

Di artikel ini kita akan bahas lebih lanjut beberapa fitur Google Analytics 4 yang mungkin belum kamu tau. Simak, ya!

1. Cross-Platform Tracking

Salah satu fitur yang paling disorot dari GA4 adalah adanya cross-platform dan devices tracking. Fitur satu ini memungkinkan para digital marketer untuk punya pemahaman yang lebih tentang audiens dan customer journey. Lewat fitur ini, kamu bisa mengoptimalkan user experience dan membuat strategi marketing yang lebih tertarget.

2. AI-Powered Insight and Predictions

GA4 memanfaatkan kecanggihan machine learning dan artificial intelligence (AI) untuk menghasilkan insight bagi penggunanya. Kedua teknologi canggih itu diproyeksikan sebagai bentuk pengukuran data utama untuk memprediksi user behavior atau perilaku pengguna. Dengan pemanfaatan machine learning dan AI ini pastinya membuat keputusan strategis lebih mudah dilakukan.

3. Data Privacy & Control

Privasi terkait data juga semakin diperhatikan di versi Google Analytics yang baru ini. GA4 memberi kontrol yang besar kepada para penggunanya terkait pengumpulan dan penggunaan data. GA4 sendiri memang dirancang untuk menjadi “future proof” dan berfungsi di dunia yang nggak mengenal cookies atau identifikasi data.

4. Interface & Integration

GA4 memperkenalkan interface (antarmuka) yang lebih intuitif dan ramah pengguna untuk mempermudah visualisasi data dalam format sederhana. Belum lagi, adanya peningkatan integrasi dengan Google ads yang memungkinkan marketer untuk membuat campaign tertarget dan mengukurnya secara efektif.

Nah, itu tadi beberapa fitur yang banyak disorot dari Google Analytics 4. GA4 memperlihatkan bentuk digital analytics masa depan yang dilengkapi dengan fitur canggih untuk mempermudah para marketer mengambil keputusan. 

Dengan memanfaatkan fitur-fitur GA4 tadi, kamu bisa meningkatkan marketing effort ke level yang lebih tinggi, Buddies! Apalagi di dunia bisnis yang semakin kompetitif ini, kamu perlu berinvestasi pada marketing tools yang lengkap untuk mengelola siklus bisnis secara efisien. 

Kalau kamu butuh bantuan dalam menganalisis bisnis kamu lewat Google Analytics, kita siap bantu! Google Analytics sendiri bisa digunakan dalam mengukur campaign atau menganalisis performa SEO website.

Kebetulan banget Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Digital Ads dan Search Engine Optimization (SEO) yang siap mengatasi segala permasalahan bisnis digital kamu! Tenang aja, BDD berkomitmen untuk mengembangkan bisnis kamu lewat metode dan value yang kita bawa.

Dan sampai sekarang, kedua service itu udah dipercaya oleh lebih dari 100 brand di berbagai industri loh. Kamu kapan nih, Buddies? Yuk, nggak perlu ragu lagi, langsung aja hubungi kita atau klik Digital Ads BDD & SEO BDD untuk dapetin info selengkapnya. 

Baca juga: 5 Fungsi Google Analytics untuk Bisnis Online, Udah Tau?

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×