Homepage 5 Min Essential Pengen Ikutan Affiliate M...

Pengen Ikutan Affiliate Marketing? Pahami Dulu Cara Kerjanya!

27 Feb 2024

Era digital memperkenalkan banyak metode promosi dan marketing baru yang cukup beragam. Salah satunya ada Affiliate marketing, strategi pemasaran yang populer belakangan ini dan diminati oleh banyak orang. 

Affiliate marketing sendiri adalah program untuk mempromosikan produk atau jasa dari sebuah brand dan mendapatkan komisi saat terjadi pembelian. Strategi pemasaran satu ini banyak disukai karena bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan. Siapa sih yang nggak suka dengan penghasilan tambahan?

Affiliate marketing adalah cara yang efektif untuk menghasilkan uang secara online dengan mempromosikan produk orang lain. Tapi, kamu tau nggak cara kerja affiliate marketing sebenarnya? Tenang, di artikel ini kita akan bahas semuanya. Simak, ya!

1. Daftar ke Program Affiliate Marketing

Pertama-tama, kamu harus mendaftar terlebih dahulu ke program affiliate di perusahaan atau brand yang diinginkan. Setelah itu, kamu bakal dapetin link afiliasi yang berisi ID. Itu berfungsi untuk mencatat semua transaksi dan agar komisinya masuk ke ID kamu.

2. Share Link Affiliasi

Link afiliasi yang didapat tadi bisa kamu bagikan ke channel social media ataupun ke orang-orang terdekat. Kenapa? Karena dengan semakin banyak orang yang melihat dan mengklik iklan kamu, semakin besar juga peluang kamu untuk dapetin komisi. 

3. Orang Mengklik dan Melakukan Pembelian

Saat orang-orang mengklik link afiliasi kamu dan membeli produknya, disitulah kamu bisa dapetin komisi. Proses ini cukup sederhana tapi efektif. Penting untuk menarik perhatian audiens kamu dengan konten unik dan otentik agar lebih banyak orang yang tergoda melakukan pembelian lewat link afiliasi kamu.

4. Transaksi Masuk dan Tercatat Oleh Affiliate Network

Di step ini, affiliate network akan mencatat setiap transaksi yang dilakukan lewat link afiliasi kamu. Pastikan program afiliasi kamu terpercaya dan bisa diandalkan untuk menghindari penipuan.

5. Pembelian Terkonfirmasi

Setelah transaksi tercatat, proses konfirmasi pembelian akan dilakukan. Ini memastikan kalau transaksi yang terjadi memang sah dan lengkap. Selanjutnya, pihak brand akan melakukan verifikasi pembayaran dan pengiriman produk kepada konsumen.

6. Mendapatkan Komisi

Kalau semua proses tadi sudah dilewati, akhirnya kamu bisa dapetin komisi dari hasil penjualan. Komisinya sendiri tergantung harga produk yang terjual dan juga persentasenya. Biasanya tiap produk akan berbeda juga persentasenya, ada yang 5%, 10%, bahkan 20%.

Nah itu tadi penjelasan terkait cara kerja affiliate marketing yang mungkin belum kamu tau. Walaupun terkesan gampang, tapi perlu diingat kalau affiliate marketing ini membutuhkan kreativitas dan pemahaman mendalam tentang audiens kamu. 

Selain affiliate, sebenarnya masih ada lagi loh strategi marketing lain yang tingkat efektivitasnya cukup tinggi. Kalau kamu punya brand, penting banget untuk tau berbagai macam strategi agar bisa menyesuaikan dengan isu di bisnis kamu. 

Boleh Dicoba Digital (BDD) sebagai agensi digital marketing bisa bantu segala permasalahan bisnis kalau kamu masih kebingungan nih, Buddies! Kita punya berbagai macam service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Mulai dari Digital Ads, Creative Content Development, SEO, Web Development, Community Development, Growth Hack, sampai Corporate Training

Kamu nggak perlu ragu lagi sama kita karena BDD berkomitmen untuk mengembangkan brand lewat metode dan value yang kita bawa. Bahkan, sampai sekarang BDD udah dipercaya sama lebih dari 850 brand di berbagai industri loh!

Kamu jangan sampai ketinggalan, Buddies! Yuk, langsung aja hubungi kita dan konsultasiin kebutuhan bisnis kamu.

Baca juga: Affiliate Marketing Untung atau Buntung? Simak Pembahasannya!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×