Homepage 5 Min Essential Pengen Ningkatin Kinerja ...

Pengen Ningkatin Kinerja Bisnis Kamu? Pahami Dulu Riset Pasar!

19 Apr 2024

Konsumen di era sekarang udah semakin beragam karakteristiknya. Sebagai brand atau business owners, kamu perlu punya pemahaman yang mendalam tentang konsumen kamu, Buddies.

Salah satu cara untuk mengenal lebih jauh tentang konsumen kamu adalah melalui riset pasar atau market research. Riset pasar didefinisikan sebagai proses mengumpulkan informasi tentang target market dan audiens bisnis kamu. 

Riset pasar ini dibuat bukan tanpa tujuan loh Buddies. Lewat riset pasar, nantinya bisnis kamu bisa: 

  • Mengevaluasi masalah produk yang ada
  • Memahami persepsi target pasar terhadap brand kamu
  • Menentukan strategi marketing yang efektif

Selain beberapa tujuan di atas, kamu juga harus tau fungsi-fungsi melakukan riset pasar untuk keberlangsungan bisnis. Penasaran? Cek artikel ini sampai beres ya!

1. Evaluating

Seperti yang udah sempat disebutkan tadi, salah satu fungsi dan tujuan dilakukannya riset pasar ini adalah evaluasi. Proses ini melibatkan pengumpulan data tentang tren industri, customer behavior, dan analisis kompetitor. Dengan dilakukannya evaluasi, bisnis kamu bisa mengidentifikasi peluang pertumbuhan, menilai potensi untuk meluncurkan produk baru, dan memahami posisi brand di pasar dibandingkan kompetitor bisnismu, Buddies.

2. Understanding

Nggak cuma sebagai evaluasi, riset pasar juga berfungsi sebagai understanding. Artinya lewat proses market research, bisnis kamu akan bisa memahami sekaligus mempelajari target audiens secara spesifik, mulai dari preferensinya sampai kebiasaannya. Ini penting agar strategi yang dirancang nantinya bisa lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Predicting

Bukan rahasia lagi kalau kondisi market atau pasar itu sangat dinamis. Berkat perubahan yang cukup cepat dan banyak memunculkan ketidakpastian, bisnis perlu prediksi untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Nah prediksi ini jadi salah satu fungsi riset pasar dalam menyusun strategi dan perencanaan bisnis. Dengan prediksi yang akurat, bisnis bisa lebih mudah beradaptasi dengan perubahan market dan pastinya lebih unggul dibanding kompetitor.

4. Controlling

Fungsi terakhir dan yang nggak kalah penting juga adalah controlling. Controlling disini bisa mencakup setiap prosedur pelaksanaan bisnis yang lagi berlangsung Buddies. Mulai dari kinerja produk, kepuasan pelanggan, tren industri, sampai efektivitas marketing campaign.

Nah itu tadi penjelasan tentang riset pasar dan beberapa fungsinya untuk bisnis. Dilihat dari fungsinya, ternyata melakukan riset pasar ini sangat penting ya. Kamu sendiri udah mulai melakukan riset pasar belum nih? 

Kalau belum, kamu harus udah mulai menginvestasikan waktu dan sumber daya bisnis untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh. Ini penting karena riset pasar bisa bermanfaat untuk kesuksesan bisnis jangka panjang, khususnya di kondisi market yang kompetitif dan dinamis.

Jangan lupa juga untuk merancang strategi marketing yang ampuh setelah kamu selesai melakukan riset pasar. Mau gimana pun, perencanaan dan eksekusi strategi marketing yang baik adalah kunci keberhasilan bisnis dari riset yang udah dilakukan.

BDD Services

Bingung gimana caranya bikin strategi marketing yang efektif untuk bisnis kamu? Nggak perlu khawatir, serahin aja ke kita! Sebagai digital marketing agency, Boleh Dicoba Digital (BDD) siap bantu mengatasi segala permasalahan bisnis kamu. 

BDD sendiri punya berbagai services yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti Digital Ads, Performance Creative, SEO, Growth Hack, Web Development, Community Development, sampai Corporate Training

Lewat berbagai services ini, kita udah dipercaya sama lebih dari 850 brand di berbagai industri loh. Kamu kapan nih percayain bisnis kepada kita? Yuk, nggak perlu ragu lagi, langsung aja hubungi kita atau kunjungi website BDD untuk dapetin info selengkapnya.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×