Homepage 5 Min Essential Perilaku Konsumen Selama ...

Perilaku Konsumen Selama Periode Mega Sale, Wajib Cek!

25 Oct 2023

Sebentar lagi, Mega Sale Season akan hadir. Mega Sale sendiri banyak disambut antusias business owners, khususnya di Asia Tenggara. Popularitas Mega Sale yang besar di Asia Tenggara ini merupakan kesempatan berharga bagi bisnis untuk mendorong pertumbuhan. 

Tapi dalam praktiknya, Mega Sale nggak bisa dilakukan secara asal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menunjang kesuksesan di festival belanja ini.

Salah satu kuncinya adalah dengan memahami bagaimana consumer behavior atau perilaku konsumen di periode Mega Sale Season. Ini penting karena dengan memahami perilaku konsumen, kamu jadi bisa mengembangkan strategi yang efektif dan memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            

Menurut data dari Google, ada tiga hal yang diprioritaskan oleh konsumen selama Mega Sale Season. Apa aja? Yuk, simak selengkapnya dibawah ini!

1. Konsumen mengharapkan penawaran yang bagus

Nggak bisa dipungkiri kalau diskon besar-besaran jadi salah satu daya tarik bagi konsumen saat akan berbelanja. Tapi faktanya, diskon atau harga murah bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Mereka ternyata lebih mencari penawaran yang bagus, dan itu bukan berarti harga yang murah. 

Seperti apa contoh penawaran yang bagus? Misalnya, metode pembayaran yang fleksibel dan beragam. Cash on delivery (COD) atau pembayaran di tempat adalah metode pembayaran yang sekarang lebih banyak disukai. COD banyak diminati karena memungkinkan konsumen bisa melihat barangnya terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran.

Ada juga “buy now, pay later” yang nggak kalah populer dengan COD. Metode pembayaran satu ini dinilai mempermudah konsumen karena menyediakan opsi pembayaran berbunga rendah untuk mereka yang nggak punya rekening bank. Bahkan menurut data dari Google, search interest yang mengandung kata “buy now, pay later” meningkat drastis di Singapura (2x lipat) dan Vietnam (5x lipat) pada bulan September sampai Desember 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Penawaran yang nggak kalah menarik lainnya adalah gratis ongkir. Penawaran gratis ongkir ini bisa dibilang sebagai salah satu pertimbangan utama bagi konsumen saat berbelanja. Gimana nggak? gratis ongkir ini bisa memotong banyak biaya, khususnya bagi mereka yang berada di luar daerah. 

2. Ada peningkatan minat terhadap barang-barang mewah

Kalau dulu belanja barang mewah biasanya harus lewat offline store, sekarang semuanya berubah. Berkat pandemi kemarin, orang-orang cenderung punya digital lifestyle yang membuat mereka kini lebih terbuka untuk membeli barang mewah secara online

Apalagi di periode Mega Sale pasti banyak menawarkan diskon dan promo menguntungkan lain yang membuat konsumen semakin tertarik dengan jenis produk tersebut. 

3. Konsumen semakin aware dan suka dengan barang yang berkelanjutan

Sadar kalau kebiasaan konsumsi mereka bisa berdampak pada lingkungan, sekarang konsumen jadi lebih suka dengan produk-produk yang berkelanjutan. Dari data Google, 28% konsumen nggak keberatan bayar lebih mahal untuk barang atau jasa yang berkelanjutan. Belum lagi, 53% konsumen Asia mengaku sudah berhenti untuk membeli barang-barang yang berdampak negatif pada lingkungan. 

Mereka lebih memilih produk-produk yang bisa bertahan lama, seperti tote bag, sedotan stainless steel, peralatan makanan dari bambu, dan masih banyak lagi. 

Jadi, brand-brand yang bisa memprioritaskan keinginan konsumen itu, kemungkinan besar akan mendapatkan keuntungan maksimal di Mega Sale Season nanti. 

Nah itulah beberapa perilaku konsumen selama periode Mega Sale yang penting banget untuk dipahami oleh business owners. Dengan pemahaman yang mendalam tentang consumer behavior, kesempatan bisnis untuk mendapat hasil yang maksimal pun semakin besar. 

Tapi, pemahaman tentang consumer behavior ini aja nggak cukup loh. Kamu tetap harus punya strategi campaign yang ampuh di berbagai platform, seperti Meta dan TikTok. 

Buletin Terbaru dari BDD

Bingung gimana dapetinnya? Tenang, nggak lama lagi Boleh Dicoba Digital (BDD) akan meluncurkan buletin edisi terbaru yang membahas tentang Mega Sale secara lengkap.  Didalamnya akan ada insight menarik dan juga case study untuk membantu memaksimalkan bisnis kamu, Buddies! 

Jadi, pantengin terus media sosial atau website kita ya! Nah, sambil nunggu, kamu juga bisa baca-baca buletin kita sebelumnya yang nggak kalah menarik. Kalau mau, langsung aja klik BDD Bulletin untuk download report nya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×