Homepage 5 Min Essential Storytelling Marketing: P...

Storytelling Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Contoh

27 Mar 2024

Dengan banyaknya penggunaan media sosial dalam pemasaran produk saat ini, para pelaku usaha perlu memilih dan merencanakan strategi pemasaran yang tepat agar tetap unggul di tengah persaingan. Storytelling dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif dalam menarik dan memikat konsumen.

Teknik storytelling adalah teknik penyampaian cerita dengan membangun narasi untuk menciptakan pengalaman baru dalam audiens. Storytelling juga dapat untuk memengaruhi emosi manusia dan menginspirasi orang lain untuk mengambil tindakan.

Apa itu Storytelling Marketing?

Storytelling marketing adalah strategi pemasaran dengan cara menyampaikan informasi produk dalam sebuah narasi cerita yang bertujuan untuk menginspirasi konsumen untuk melakukan transaksi. Dalam implementasinya, storytelling marketing seringkali kita temui di media sosial dalam bentuk konten foto ataupun video.

Manfaat Storytelling untuk Bisnis

1. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Dengan memanfaatkan storytelling, brand mampu menciptakan dan membangun ikatan emosional antara brand dan pelanggan. Ketika pelanggan merasa terhubung dengan suatu brand, mereka cenderung menjadi pelanggan setia yang terus mendukung brand tersebut dari waktu ke waktu.

2. Membentuk Brand Image

Brand yang mengomunikasikan perjalanan, nilai-nilai, dan tujuan mereka dengan menarik dapat membentuk brand image yang khas dan berkesan. Menggunakan storytelling marketing dapat membantu pelanggan untuk lebih mudah mengingat sebuah brand dan memilih brand saat mengambil keputusan pembelian.

3. Mendorong Pertumbuhan Perusahaan

Membangun loyalitas brand melalui storytelling tidak hanya meningkatkan customer lifetime value, tetapi juga mendorong pelanggan setia untuk melakukan pembelian berulang, mencoba produk atau layanan baru, yang dapat berdampak pada pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

Lalu, seperti apa sih storytelling marketing yang menarik dan mampu mengikat konsumen?

3 Contoh Storytelling Marketing

1. HMNS – The Scent of Time

Salah satu brand perfumery Indonesia ini sudah tidak asing lagi dengan cara promosi mereka yang khas. Dalam bentuk video pendek, HMNS menceritakan perjalanan mereka dalam melakukan eksperimen dengan perfumery terbaru mereka “Unpatched”. Cerita ini bertujuan untuk mengajak audiens dari HMNS untuk terlibat dalam eksperimen ketahanan wangi Unpatched yang telah disimpan dalam time capsule selama 1 bulan lamanya. 

2. Kahf – #JalanYangKupilih

Kahf menjadi salah satu brand skincare pria Indonesia yang menggunakan storytelling marketing dalam meningkatkan brand awareness. Dalam video pendek ini, Kahf menceritakan komitmennya memberikan manfaat kepada sesama dalam 3 tahun terakhir. Cerita ini bertujuan untuk menyoroti keterlibatan customer dalam perjalanan brand Kahf dan bagaimana para pria yang dihadirkan dalam video ini menjadikan Kahf sebagai bagian dari jalan hidup yang mereka pilih.

3. Eiger – Eiger Tropical Adventure

Siapa yang nggak tahu Eiger? Brand produk dan peralatan outdoor ini menggunakan teknik bercerita sebagai salah satu strategi marketing-nya. Dalam konten berbentuk video pendek, Eiger menyoroti pesona dan kekayaan alam Indonesia yang memiliki daya tarik besar. Cerita dalam video ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu cabang bisnis baru Eiger, yaitu EIGER Adventure Service Team (EAST) sebagai wadah belajar dan berlatih bagi siapa pun yang ingin berkegiatan di alam bebas dengan aman dan nyaman tanpa merusak keindahan alam.

Storytelling dapat menjadi strategi marketing yang efektif untuk menarik perhatian pelanggan, membangun kepercayaan, dan mendorong tindakan. Namun, pastikan Buddies membuat storytelling marketing yang sesuai dengan target audiens dan sejalan dengan nilai-nilai brand kamu.

Boleh Dicoba Digital (BDD) memiliki layanan Creative Content Development yang bisa bantu kamu untuk pembuatan konten storytelling yang dapat mencuri perhatian audiens, loh. Layanan Creative Content Development dari BDD juga sudah berhasil bekerja sama dengan lebih dari 50 bisnis di berbagai industri.

Tertarik untuk menggunakan jasa Creative Content Development BDD untuk brand kamu? Silakan hubungi kami atau kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) di sini.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×