Homepage 5 Min Essential Strategi Membangun Brand ...

Strategi Membangun Brand Awareness di Platform Media Sosial

28 Aug 2023

Buddies setuju nggak sih kalau brand awareness itu bisa dibilang sebagai fondasi dari sebuah merek (brand)? Brand awareness juga dianggap mampu menciptakan dampak yang nyata bagi konsumen dan berpengaruh besar pada perilaku berbelanja. 

Itu semua menggambarkan betapa pentingnya brand awareness untuk bisnis. Tapi, sebenarnya apa sih brand awareness itu? Brand awareness adalah kemampuan pelanggan untuk mengingat dan mengenali suatu brand dengan melihat satu identitas khas dari brand tersebut. 

Ini merupakan kunci untuk perusahaan agar bisa lebih unggul dalam persaingan bisnis. Apalagi awareness adalah tahap paling atas dari marketing funnel sebelum lanjut ke funnel-funnel berikutnya. 

Jadi, gimana cara untuk membangun atau meningkatkan brand awareness? Salah satu cara yang efektif adalah dengan memanfaatkan media sosial. Menurut Smart Insights, lebih dari 4 miliar orang di seluruh dunia aktif menggunakan berbagai platform media sosial setiap bulannya. 

Itu berarti kalau brand nggak punya media sosial, brand tersebut melewatkan banyak kesempatan untuk menggaet banyak klien atau konsumen. Di artikel ini kita akan bagikan beberapa tips tentang gimana caranya platform media sosial berperan efektif untuk membangun brand awareness. Simak, ya!

1. Gunakan platform yang sesuai dengan target audiens

Pertama-tama brand harus tau dulu siapa target audiensnya, kemudian pilih platform yang sesuai. Perlu dicatat, nggak semua platform media sosial cocok dengan niche dari suatu brand. Kesuksesan brand awareness campaign lewat media sosial ini akan bergantung pada pemilihan platform yang sesuai dengan umur target pasar.

Contohnya, kalau brand punya konsumen yang rata-rata umurnya 35 kebawah, maka Instagram adalah platform yang cocok. Sebaliknya, kalau target audiens atau target marketnya jauh lebih muda, brand bisa mempertimbangkan platform TikTok.

2. Sesuaikan konten dengan platform-nya

Setelah memilih platform media sosial, langkah selanjutnya adalah membuat konten sesuai dengan platform yang dipilih. Setiap platform media sosial punya jenis-jenis konten yang berbeda. 

Misalnya, kalau brand menggunakan platform Instagram, jenis konten yang harus dibuat adalah gambar dan video. Sementara TikTok lebih kepada short vertical videos dan kalau Twitter, konten yang pas adalah berjenis teks.

3. Berinvestasi pada Promoted Posts dan Ads

Media sosial punya banyak tools dan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Walaupun nggak semuanya gratis, tapi ada beberapa fitur berbayar yang worth it untuk digunakan, seperti promoted posts dan ads. Kedua fitur itu bisa dimanfaatkan untuk ditampilkan kepada audiens yang nggak mengikuti brand di media sosial.

4. Menjaga hubungan dengan konsumen

Hubungan yang sehat dengan konsumen penting banget dalam membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan. Untuk itu, hubungan dengan konsumen perlu dijaga dengan cara rutin berinteraksi dengan mereka. Cara merespon pertanyaan juga akan membantu suatu brand dalam membangun kepercayaan dengan konsumen.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk memaksimalkan peran platform media sosial dalam membangun brand awareness. Dengan skala audiens yang besar di tiap platformnya, media sosial nggak cuma bisa dimanfaatkan untuk membangun brand awareness saja, tapi juga bisa untuk engage dengan konsumen dan mendorong traffic ke website. 

Brand awareness harus dibangun dengan menciptakan hubungan yang tepat dan berkelanjutan. Artinya, penggunaan strategi yang tepat akan menjadi kunci kesuksesan campaign tersebut. 

Dalam prosesnya, membangun brand awareness ini memang nggak gampang. Tapi, Buddies jangan khawatir. Kita punya resep rahasia untuk membangun brand awareness yang bisa kamu akses secara gratis!

Boleh Dicoba Digital (BDD) baru aja mengeluarkan buletin edisi terbaru yang membahas tentang marketing funnel (awareness to consideration). Buletin itu berjudul Resep Rahasia Strategi Brand Awareness di Platform Media Sosial. 

Di buletin teranyar itu, Buddies akan dapetin banyak insight menarik tentang peran platform media sosial dalam membangun brand awareness. Kita juga udah sediakan strategi-strateginya, contoh brand awareness di industri F&B, interview bersama brand owners, dan juga studi kasus. 

Jadi, semuanya lengkap. Buddies cuma perlu download aja digital report ini dan langsung bisa nikmatin hidangannya deh! Tunggu apalagi? Yuk, langsung aja kunjungi website kita atau klik Resep Rahasia Strategi Brand Awareness di Platform Media Sosial untuk download buletinnya.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×