Homepage 5 Min Essential Tertarik Bekerja di Dunia...

Tertarik Bekerja di Dunia Agency? Ketahui Dulu Suka-Dukanya

22 Aug 2023

Sekarang banyak banget orang yang mengidolai perusahaan agensi kreatif. Nggak sedikit dari mereka yang pengen berkarir disana karena melihat berbagai keuntungan, seperti kantor kekinian, lingkungan kerja yang asik, atau fleksibilitasnya.  

Mengutip Market Business News, agensi adalah sebuah perusahaan, bisnis, atau organisasi yang menyediakan layanan tertentu untuk membantu klien. Jenis dari agensi ini pun cukup banyak, tapi yang sekarang sedang populer adalah digital agency. 

Di Indonesia, perusahaan agensi semakin banyak berkat perkembangan digital yang pesat.  Digital agency atau agensi digital sendiri memang menjadi buruan anak-anak muda untuk berkarir. 

Mereka menganggap bekerja di perusahaan agensi itu sangat fun. Memang ada benarnya, tapi bukan berarti itu menggambarkan kondisi keseluruhan. Faktanya, dibalik itu semua ada plus minus yang harus Buddies tahu. 

Kalau kamu berminat untuk bekerja di agensi, pastikan kamu paham dulu kelebihan dan kekurangannya. Di artikel ini, kita akan bagikan suka duka bekerja di agensi yang mungkin belum Buddies ketahui. Simak, ya! 

Plus Bekerja di Agency

1. Networking yang luas

Salah satu keuntungan bekerja di agensi adalah dari segi networking. Buddies akan sering bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan industri. Kamu nggak hanya bisa bekerja sama dengan mereka, tapi juga sekaligus mendapat ilmu baru. Pastinya dengan networking yang luas, peluang karir Buddies di masa depan bisa terbuka lebar. 

2. Tempat yang pas untuk belajar dan ngembangin diri

Agency juga dianggap sebagai tempat paling pas untuk Buddies yang pengen belajar dan ngembangin diri. Kenapa? karena dunia agensi cukup kompleks sehingga kamu dituntut untuk selalu mengeluarkan kreativitas. Ini secara otomatis membuat pola pikir kreatif Buddies semakin terasah dan bisa terus berkembang.

3. Fleksibilitas

Udah bukan rahasia lagi kalau fleksibilitas jadi keuntungan paling utama saat bekerja di agensi. Fleksibilitas disini mencakup jam kerja, cara berpakaian, sampai remote working. Ini semua dilakukan untuk membuat para karyawan agensi tetap bisa enjoy dan produktif saat bekerja.

Minus Bekerja di Agency

1. Jam kerja nggak tetap

Berkat fleksibilitas tadi otomatis membuat jam kerja jadi nggak menentu. Bahkan bisa aja Buddies justru lebih sering overtime atau lembur. Belum lagi kalau sedang menggarap project dengan deadline yang mepet. Jadi, walaupun umumnya jam kerja itu 9-5, tapi karena pekerjaan di agensi cukup padat, jadinya aturan jam kerja itu nggak terlalu mengikat. 

2. High pressure

Bekerja di agency adalah tipe pekerjaan high pressure atau punya tekanan yang tinggi. Buddies akan mendapat berbagai macam permintaan klien, termasuk revisi-revisi yang seakan nggak ada habisnya. Belum lagi kamu dituntut harus selalu punya ide yang kreatif dan juga fresh agar bisa ngebantu permasalahan klien.

3. Rentan mengalami creative block

Creative block atau momen dimana kehabisan ide sangat umum terjadi di kalangan anak agency. Itu semua karena banyaknya permintaan klien yang datang dalam jangka waktu berdekatan. Jadi, pastikan Buddies punya cara tersendiri untuk meminimalisir buntu ide, seperti istirahat sejenak, bermain media sosial, bermain game, atau lainnya.

Nah, itu tadi beberapa suka duka bekerja di agensi yang harus Buddies tahu. Sebagai catatan, itu semua adalah gambaran umum di agensi kreatif yang kemungkinan juga berbeda dengan agensi lain. 

Bagi business owners sendiri, digital agency berperan penting banget untuk membantu bisnis mereka. Ini didukung dengan hasil survey dari The Drum yang mengatakan kalau 96% usaha kecil dan menengah bersedia membayar agensi lebih banyak untuk membantu meningkatkan bisnisnya. 

Nggak heran kalau sekarang banyak banget digital marketing agency yang dicari untuk menyelesaikan berbagai permasalahan bisnis, salah satunya Boleh Dicoba Digital. BDD sudah dipercaya oleh lebih dari 800 klien dari berbagai industri untuk membantu mengembangkan bisnisnya. 

Kita juga menyediakan berbagai macam services yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien, seperti digital advertising, creative content development, community development, web development, corporate training, search engine optimization (SEO), dan masih banyak lagi. 

Dengan diisi oleh para profesional dan industry experts, Buddies nggak perlu khawatir lagi untuk menyerahkan bisnismu. Kita berkomitmen untuk membantu mengembangkan bisnis lewat metode dan value yang kita punya.

Tunggu apalagi? Yuk, langsung aja hubungi kita atau kunjungi website Boleh Dicoba Digital untuk free consultation. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×