Homepage 5 Min Essential Tips Meningkatkan Custome...

Tips Meningkatkan Customer Lifetime Value (CLV) yang Efektif, Simple Banget!

16 Apr 2024

Customer Lifetime Value (CLV) jadi salah satu metrik penting yang harus dipahami oleh bisnis. Gimana nggak? Dengan CLV, bisnis bisa memahami pertumbuhan dan revenue value tiap konsumen dari waktu ke waktu.

Customer lifetime value sendiri didefinisikan sebagai  metrik yang menghitung total pendapatan dari seorang konsumen selama periode tertentu. Perannya dalam bisnis pun cukup penting, seperti: 

  • Boost loyalitas konsumen
  • Mengurangi churn rate
  • Meningkatkan pengambilan keputusan yang strategic

Bisnis sebisa mungkin harus punya angka CLV yang besar. Ini dikarenakan semakin tinggi CLV, semakin besar juga value yang diberikan oleh konsumen kepada bisnis. 

Nantinya CLV yang tinggi bisa menuntun kepada kesuksesan bisnis jangka panjang loh Buddies. Tapi gimana ya cara meningkatkan CLV ini? Tenang, di artikel ini kita udah siapin tips atau strategi yang bisa membantu meningkatkan CLV kamu. Simak, ya!

1. Bangun long-lasting relationship dengan konsumen

Membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen bisa dibilang sebagai kunci utama dalam meningkatkan CLV. Dengan memperkuat hubungan dengan konsumen, kamu bisa meningkatkan loyalitas mereka dan mendorong repeat purchase. Coba untuk rutin berkomunikasi dengan konsumen, dengarkan saran dari mereka, sambil terus memberikan pelayanan yang optimal.

2. Optimalkan customer service

Customer service juga berperan cukup krusial dalam meningkatkan CLV. Jadi, pastikan tim customer service kamu mempunyai pengetahuan yang baik tentang bisnis, responsif terhadap pertanyaan konsumen, dan berusaha untuk memberikan pengalaman yang positif. Nantinya konsumen yang puas dengan customer service kamu cenderung lebih setia dan lebih mungkin untuk melakukan repeat purchase loh Buddies.

3. Personalisasi experience konsumen

Apapun bidang bisnis kamu, pasti ada beberapa target audiens yang punya karakteristik berbeda. Itulah kenapa personalisasi sangat diperlukan untuk meningkatkan CLV. Buat strategi yang berbeda untuk tiap kelompok audiens dan sesuaikan dengan preferensi mereka agar mereka merasa relatable sehingga tertarik untuk stay di bisnis kamu.

4. Berikan promosi

Menawarkan promosi dan diskon kepada konsumen yang setia adalah cara yang efektif untuk mendorong repeat purchase dan meningkatkan CLV. Berikan insentif kepada konsumen untuk tetap berbelanja di bisnis kamu dengan memberikan penawaran khusus, diskon ulang tahun, atau program loyalitas lainnya Buddies. Ini nggak cuma bisa meningkatkan CLV, tapi juga membantu memperkuat hubungan kamu dengan mereka.

Itulah tadi penjelasan tentang customer lifetime value (CLV) dan beberapa tips cara meningkatkannya. Dengan mengimplementasikan tips-tips di atas, kamu berkesempatan untuk membangun kesuksesan bisnis jangka panjang loh Buddies.

Tapi perlu diingat ya kalau meningkatkan CLV ini juga perlu dikombinasikan dengan strategi marketing lainnya agar berjalan lebih efektif. Nah kalau kamu bingung gimana caranya merancang strategi marketing untuk bisnismu, hubungi kita aja!

Sebagai digital marketing agency, Boleh Dicoba Digital (BDD) bisa bantu mengatasi segala isu bisnis kamu loh.

BDD juga punya banyak services yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari Digital Ads, Performance Creative, SEO, Growth Hack, Web Development, Community Development, sampai Corporate Training

Dengan berbagai service itu, BDD berkomitmen untuk mengembangkan bisnis kamu ke level selanjutnya lewat metode dan value yang kita bawa. Sejak didirikan pada 2017 lalu, kita udah sukses meng-handle lebih dari 850 klien di berbagai industri loh.

Jadi, nggak perlu ragu lagi! Yuk, langsung aja hubungi kita dan kunjungi website BDD untuk mulai konsultasi kebutuhan bisnis kamu, Buddies!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×