Homepage 5 Min Essential Macam-Macam Tujuan Iklan ...

Macam-Macam Tujuan Iklan dalam Strategi Marketing, Bisa Tebak?

23 Apr 2024

Hampir semua bisnis pasti pernah menjalankan iklan untuk menarik perhatian audiens. Iklan sendiri memang dianggap jadi salah satu cara yang paling efektif dalam mempengaruhi audiens untuk melakukan transaksi. 

Tapi iklan juga bisa kurang efektif lho kalau advertiser nggak menentukan tujuan iklan dengan jelas di awal. Tujuan iklan bisa dibilang sebagai fokus dari setiap marketing campaign yang akan dijalankan.

Jadi, penting banget untuk kamu memahami dan menentukan tujuan iklan dengan baik agar campaign yang dirancang bisa berjalan efisien. Nggak cuma itu, dengan tujuan iklan yang jelas juga memudahkan perusahaan untuk mengukur performa campaign nantinya lho Buddies. 

Bingung buat menentukan tujuan iklan bisnis kamu? Nggak perlu khawatir, di artikel ini kita udah siapin 5 tujuan iklan yang bisa jadi dijadikan referensi. Apa aja? Yuk, simak selengkapnya dibawah!

1. Meningkatkan brand awareness

Nggak bisa dipungkiri kalau brand awareness jadi salah satu aspek penting bagi bisnis, khususnya untuk bisnis yang ingin memperluas jangkauan mereka. Dengan meningkatkan brand awareness, bisnis kamu berpotensi untuk dikenal banyak audiens dan lebih dipilih dibanding kompetitor.

2. Membangun brand image

Nggak cuma meningkatkan brand awareness, iklan juga bisa digunakan untuk membangun brand image yang kuat. Ini melibatkan komunikasi brand value, brand identity, dan brand message lewat iklan kamu Buddies. Brand image yang kuat secara nggak langsung meningkatkan reputasi bisnis dan juga meningkatkan kepercayaan audiens. 

3. Memberikan urgensi

Tujuan iklan lainnya adalah memberikan urgensi kepada konsumen untuk melakukan tindakan tertentu, seperti transaksi. Ini bisa dilakukan dengan menawarkan promosi terbatas, penawaran spesial, atau insentif lainnya yang mendorong konsumen untuk segera mengambil tindakan. Dengan memberikan urgensi, kamu bisa meningkatkan konversi dan mempercepat pembelian dari potential customer.

4. Menghasilkan penjualan

Tujuan iklan paling umum nggak lain adalah untuk menghasilkan penjualan. Jadi pastikan iklan yang kamu luncurkan ditargetkan kepada audiens tertentu agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Semua itu bisa kamu capai dengan mengarahkan traffic ke website atau toko offline kamu Buddies.

5. Reminder

Terakhir, iklan juga bisa digunakan sebagai pengingat atau reminder kepada konsumen tentang produk atau layanan kamu. Ini penting, khususnya untuk produk yang sempat dilihat oleh calon konsumen tapi belum melakukan transaksi. Dengan eksekusi yang tepat, iklan reminder berpotensi mendorong retensi dan meningkatkan customer lifetime value (CLV) bisnis kamu.

Nah itu tadi penjelasan tentang iklan dan beberapa tujuannya yang bisa jadi referensi untuk bisnis kamu, Buddies. Nggak berlebihan kalau tujuan iklan disebut sebagai kunci dalam proses merancang marketing campaign yang sukses.

Ini nggak terlepas dari peran iklan yang cukup krusial sebagai media promosi bagi bisnis. Walaupun begitu, tujuan iklan bukan jadi langkah akhir yang harus dilakukan ya Buddies. Setelah menentukan tujuan iklan, kamu harus mulai membuat strategi marketing campaign dan juga mengukur performanya secara berkala. 

Kalau kamu butuh bantuan untuk mengurusi semua tahapan itu, hubungi kita aja! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Digital Ads yang bisa bantu kamu menjalankan campaign di berbagai platform.

Service Digital Ads BDD diisi oleh tim profesional yang udah certified di masing-masing channel. Kita juga menawarkan kesempatan untuk klien agar memantau langsung budget yang udah dikeluarkan larinya kemana. 

Nah, sampai sekarang BDD udah dipercaya sama lebih dari 400 brand di berbagai industri lewat service ini. Next, giliran kamu Buddies! Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik BDD Digital Ads untuk dapetin info selengkapnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya, Lebih Pilih yang Mana?

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×