Homepage 5 Min Essential 5 Cara Membuat Campaign y...

5 Cara Membuat Campaign yang Menarik, Marketer Wajib Catat!

25 Jan 2024

Marketing bukan cuma tentang iklan yang unik dan menarik, tapi juga tentang menetapkan goals dan gimana cara mencapainya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah lewat pembuatan marketing campaign

Campaign jadi strategi efektif untuk kamu yang ingin meraih objektif bisnis secara spesifik. Banyak bisnis berbasis digital yang sekarang mulai memanfaatkan campaign untuk mempromosikan produk, service atau bahkan brand secara keseluruhan. 

Biasanya campaign dibuat dalam bentuk iklan atau demonstrasi sekreatif mungkin agar bisa menarik perhatian audiens. Kalau direncanakan dan dieksekusi dengan baik, campaign yang kamu buat bisa mendatangkan banyak benefit untuk bisnis, seperti meningkatkan leads, penjualan, loyalitas konsumen, dan masih banyak lagi. 

Melihat banyaknya manfaat-manfaat itu, kamu pasti pengen dong mulai bikin campaign untuk bisnismu? Pas banget nih, di artikel ini kita akan tampilkan beberapa tips cara membuat campaign yang efektif. Take notes, Buddies!

Baca juga: Kupas Tuntas Campaign dan Beberapa Manfaatnya Bagi Bisnis

1. Tentukan objektif dan budget

Semua marketing campaign harus dimulai dengan menentukan objektif dan budget yang ingin dikeluarkan. Semakin spesifik objektifnya, semakin besar juga kesempatan kamu untuk mengukur kesuksesan campaign-mu. 

Setelah objektif ditentukan, selanjutnya kamu butuh dana yang realistis untuk mengkomunikasikan pesan ke audiens. Pastikan budget yang dialokasikan mampu menutup semua biaya campaign seperti yang sudah direncanakan. 

2. Identifikasi target audiens

Mengidentifikasi target audiens tergantung pada dua pertanyaan: siapa yang udah menggunakan produk atau service mu dan apakah kamu ingin memperluas jangkauan? Kalau objektif campaign nya adalah meningkatkan brand loyalty, kamu harus punya pemahaman yang mendalam tentang konsumen kamu. 

Sebaliknya, kalau kamu ingin memperluas jangkauan dan menargetkan audiens baru, hal yang harus kamu identifikasi adalah tipe audiens seperti apa yang sesuai dengan bisnis kamu.

3. Buat message yang ingin disampaikan

Setelah objektif, budget, dan target audiens udah ditentukan, sekarang kamu bisa mulai membuat message nya Buddies! Harus diingat kalau messaging harus berfokus pada konsumen dan bagaimana bisnis kamu bermanfaat untuk mereka. 

Jangan lupa untuk selalu sertakan call-to-action (CTA) untuk memudahkan mereka melakukan action sesuai kemauan kamu. Kamu juga mungkin bisa membuktikan kredibilitas bisnismu dengan mencantumkan testimonials konsumen atau endorsement dari industry experts.

4. Pilih media yang akan digunakan

Memilih media mungkin bisa dibilang sebagai salah satu langkah paling challenging dalam merencanakan campaign. Gimana nggak? Sekarang ini media udah semakin beragam dan masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. 

Jadi agar lebih efektif, pilihlah media yang banyak digunakan oleh target audiens bisnis kamu. Pertimbangkan juga untuk mix beberapa media yang berbeda untuk menjangkau audiens lebih luas, sekaligus retarget konsumen.

5. Ukur dan analisis hasil campaign

Langkah terakhir dari marketing campaign adalah mengukur dan analisis hasil dari strategi yang udah berjalan. Dibanding menunggu periode campaign nya selesai, kamu bisa loh memonitor langsung hasilnya di beberapa media yang kamu pilih. Analisis dan pelajari semuanya untuk memungkinkan kamu membuat sedikit perubahan strategi agar mendapat hasil yang lebih maksimal. 

Nah, itulah beberapa tips tentang cara membuat campaign paling efektif yang mungkin bisa kamu coba. Jangan lupa untuk selalu brainstorming dengan tim kamu untuk menentukan semua objektif yang ingin dicapai oleh bisnismu.

Kalau kamu masih bingung dan butuh bantuan dalam menggarap marketing campaign, hubungi kita aja! Boleh Dicoba Digital (BDD) bisa membuat campaign yang sesuai dengan branding bisnis kamu, sekaligus eksekusinya lewat service digital ads

Lewat service digital ads, campaign yang udah dibuat akan menjangkau target audiens kamu loh Buddies. Nggak cuma itu, kita juga bakal siapin berbagai actionable strategies demi meraih growth yang lebih optimal.

Tertarik? Yuk, tunggu apalagi, langsung aja hubungi kita atau klik Service Digital Ads untuk dapetin info selengkapnya. 

Baca juga: 5 Contoh Campaign Marketing yang Sukses, Ada Favorit Kamu?

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×