Homepage 5 Min Essential 5 Contoh Campaign Marketi...

5 Contoh Campaign Marketing yang Sukses, Ada Favorit Kamu?

25 Jan 2024

Nggak terhitung ada berapa banyak bisnis yang saling bersaing satu sama lain untuk bisa mendapat perhatian dari para audiens. Atensi atau perhatian dari audiens sendiri memang sangat penting untuk meningkatkan sales atau cuma sekedar awareness

Salah satu strategi yang banyak dipilih untuk mendapat perhatian audiens itu adalah lewat marketing campaign. Marketing campaign bisa dibilang sebagai upaya strategis dalam mencapai objektif bisnis dan bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti promosi produk, service atau brand secara general

Biasanya para brand akan berlomba-lomba untuk membuat campaign seunik mungkin agar audiens tertarik dan terlibat dengan campaign yang dijalankan. Sebagai media penyebarannya, para brand sering memanfaatkan berbagai platform atau channel marketing untuk menjangkau audiens secara luas. 

Ada banyak contoh campaign yang sudah sukses dijalankan oleh brand-brand terkenal diluar sana. Kalau kamu berencana membuat marketing campaign, intip dulu beberapa contoh dibawah ini sebagai referensi.

Baca juga: Kupas Tuntas Campaign dan Beberapa Manfaatnya Bagi Bisnis

1. Nike (Just Do It)

Di akhir tahun 80-an, Nike merilis tagline Just Do It yang langsung melekat di kepala orang-orang, bahkan sampai sekarang. Tagline yang juga jadi bagian dari campaign itu dianggap cerdik karena memanfaatkan emosi untuk menjangkau target audiens. Fokus campaign ini bukan pada sepatu, tapi lebih ke membangkitkan respon emosional pada brand Nike.

2. Tokopedia (Selalu Ada Selalu Bisa)

Berpindah ke dalam negeri, ada campaign menarik yang dijalankan oleh salah satu startup terbesar di Indonesia, Tokopedia. Tokopedia menggaungkan campaign ‘Selalu Ada Selalu Bisa’ yang berhasil menarik banyak atensi dari masyarakat. Campaign tersebut merujuk pada fitur layanan investasi dan pembayaran tagihan mereka yang saat itu baru dibuat. 

Lewat campaign ‘Selalu Ada Selalu Bisa’, Tokopedia menegaskan kalau platform mereka nggak cuma bisa digunakan untuk transaksi jual beli saja, tapi juga bisa untuk keperluan lainnya. 

3. Apple (Shot on iPhone)

Raksasa perusahaan teknologi, Apple, juga jadi salah satu brand yang mengeluarkan campaign marketing untuk produknya. Apple sempat membuat campaign ‘Shot on iPhone’ yang menampilkan banyak tokoh terkenal di dunia, seperti Selena Gomez dan Lady Gaga. Ide dibalik campaign itu pun cukup sederhana, Apple ingin memperlihatkan kualitas gambar mereka yang diambil dari kamera iPhone.

4. Aqua (AdaAqua)

Menggunakan tagline ‘#AdaAqua’, salah satu brand air mineral di Indonesia itu langsung banyak menarik perhatian audiens. Campaign mereka banyak tersebar di beberapa channel digital marketing dan juga media konvensional. Lewat campaign ini, Aqua mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya mengkonsumsi air putih dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

5. Gojek (Pesan dari Rumah)

Di masa pandemi Covid-19 kemarin, Gojek luncurkan campaign ‘Pesan dari Rumah’ yang langsung mendapat respon positif dari masyarakat. Gimana nggak, Gojek berhasil menyesuaikan campaign nya dengan situasi pada saat itu dimana masyarakat dihimbau untuk tetap dirumah demi mencegah penularan. Melalui campaign ini, Gojek menyampaikan komitmennya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari lewat fitur layanan yang mereka miliki.

Nah itu tadi beberapa contoh campaign marketing dari brand-brand terkenal yang terbilang cukup sukses dijalankan. Dengan melihat contoh-contoh diatas, kamu diharapkan mendapat inspirasi untuk membuat campaign menarik yang bisa mengembangkan bisnismu. 

Nggak bisa dipungkiri kalau membuat campaign marketing itu sangat challenging. Tapi kalau dieksekusi dengan benar, percaya deh, semua usaha yang udah dilakuin bakal terbayar. Kalau kamu butuh bantuan, kita siap loh! 

Boleh Dicoba Digital (BDD) bisa bantu dalam pembuatan campaign marketing yang efektif buat bisnis kamu, sekaligus dengan eksekusinya lewat service digital ads. Dengan service digital ads, kita akan menyiapkan berbagai actionable strategies demi mencapai growth maksimal. 

Tim digital ads BDD juga udah certified di masing-masing channel nya loh! Jadi nggak perlu khawatir lagi karena campaign kamu bakal di handle oleh tim profesional. Tertarik? Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik Service Digital Ads BDD untuk dapetin info selengkapnya. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Campaign yang Menarik, Marketer Wajib Catat!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×