Posted on 18 Jan 2024
Back to main article
Posted on 18 Jan 2024

Memilih bidang pekerjaan untuk berkarir memang jadi salah satu hal yang cukup tricky. Selain harus memilih sesuatu yang disukai, kamu juga perlu mempertimbangkan aspek stabilitas jangka panjangnya. 

Nah berkaitan dengan itu, sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk berkarir di industri digital marketing. Itu dibuktikan dari data LinkedIn yang menyebutkan kalau posisi “Digital Marketing Specialist” masuk dalam 10 pekerjaan paling diminati.  

Digital marketing sendiri spesialisasinya cukup luas dan memang dikabarkan punya prospek karir yang cerah di masa depan. Ini nggak terlepas dari perkembangan teknologi dan mulai banyaknya brand owners yang semakin aware dengan dunia digital

Dilihat dari perannya, digital marketing ini cukup vital loh untuk bisnis. Kok bisa? Memang apa aja pekerjaan yang ada di industri digital marketing? Tenang, di artikel ini kita akan bahas beberapa pekerjaan digital marketing dan skills yang harus dikuasai. 

Baca juga: Tertarik Jadi Digital Marketer? Ketahui Dulu Tanggung Jawabnya!

1. SEO Specialist

Search engine optimization (SEO) specialist jadi salah satu dari sekian banyak bidang pekerjaan di industri digital marketing. Secara umum, tugas dan tanggung jawab posisi ini adalah mengoptimasi konten organik agar muncul di ranking teratas Google. Untuk bisa menjadi seorang SEO specialist, kamu harus paham dulu basic tentang SEO On-Page, Off-Page, dan technical. Selain itu, ini beberapa skills yang harus dikuasai: 

  • Tools research keyword & google analytics
  • Analisis algoritma Google
  • Basic menulis

2. Web Developer

Di era digital seperti sekarang, website jadi kebutuhan primer dan perannya cukup penting untuk bisnis. Jadi, setiap perusahaan pasti memerlukan web developer untuk mengelola website bisnis agar bisa berguna sebagai alat marketing. Posisi ini menuntut kamu untuk memahami berbagai technical skills, seperti:

  • Coding
  • UI/UX design
  • Program frameworks
  • Testing & debugging

3. Social Media Specialist

Pekerjaan digital marketing lainnya yang harus kamu pertimbangkan adalah social media specialist. Sesuai namanya, pekerjaan ini meliputi pengelolaan media sosial untuk suatu brand atau perusahaan. Walaupun sekilas terlihat simple, tapi social media specialist punya tanggung jawab besar, seperti meningkatkan brand awareness, engagement, dan conversion lewat berbagai platform yang ada. Untuk bisa ahli di pekerjaan ini, kamu butuh beberapa skills berikut:

  • Copywriting
  • Mengikuti tren
  • Paham karakter tiap platform media sosial
  • Kemampuan analisis

4. Graphic Design

Graphic design juga jadi salah satu pekerjaan digital marketing yang cukup berperan penting untuk bisnis. Hampir semua brand atau bisnis pasti melibatkan graphic design untuk mengkomunikasikan pesan lewat visual yang menarik. Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam membuat first impression positif dan membangun kepercayaan audiens lewat konten yang atraktif, baik dari sisi visual dan message nya. Untuk bisa mengisi posisi ini, kamu butuh skills berikut: 

  • Pengetahuan tentang prinsip desain 
  • Memahami tools yang ada
  • Kreatif dan inovatif thinking untuk membuat konten otentik
  • Attention to detail

5. Digital Marketing Specialist

Nggak lengkap rasanya kalau kita nggak mencantumkan posisi digital marketing specialist disini. Pekerjaan ini adalah profesi yang mengharuskan kamu untuk nggak cuma berfokus pada satu aspek digital marketing aja. Kamu dituntut untuk memahami bagaimana pilar-pilar marketing bekerja secara keseluruhan. Agar bisa menguasai itu, kamu perlu skills-skills dibawah ini:

  • Analisis data
  • Kreatif dalam membuat strategi
  • Pengetahuan tentang promosi dan marketing
  • Media sosial
  • Problem solving

Nah, itu tadi beberapa pekerjaan digital marketing beserta skills nya yang harus kamu pelajari. Sebagai catatan, diluar daftar pekerjaan diatas, masih banyak spesialisasi digital marketing lain yang belum dituliskan disini. 

Seperti yang sempat disampaikan sebelumnya, bidang pekerjaan digital marketing ini cukup luas. Ini jadi kesempatan tersendiri bagi orang-orang yang tertarik dengan industri digital marketing untuk memilih spesialisasi yang mereka minati.

BDD Services

Boleh Dicoba Digital (BDD) menjadi salah satu digital marketing agency yang punya berbagai services seperti daftar pekerjaan diatas loh. Bahkan nggak cuma itu, kita juga menyediakan banyak service lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

Mulai dari Digital Ads, Creative Content Development, SEO, Community Development, Growth Hack, Web Development, sampai Corporate Training. Lewat beragam services itu, BDD udah dipercaya oleh lebih dari 860 klien di berbagai industri untuk menangani permasalahan mereka.

Next, giliran kamu Buddies! Kalau tertarik, langsung aja hubungi kita dan konsultasiin segala kebutuhan bisnismu. 

Baca juga: Cerah! Ini Prospek Karir Digital Marketer di Masa Depan

Related Article

16 Oct 2024

Twin Date Overview: Best Practice dan Potensi Keuntungannya untuk Brand

Twin date udah jadi shopping festival yang paling ditunggu sama brand di luar sana. Emang apa aja sih keuntungannya? Cek di sini!

Read More
11 Oct 2024

Mau Bisnis Kamu Lebih Kredibel? Mulai Manfaatin Testimoni!

Bingung mau manfaatin testimoni konsumen tapi nggak tau cara dapetinnya gimana? Tenang, di sini udah kita bocorin caranya. Cek, yuk!

Read More
11 Oct 2024

Manfaat Utama Endorse untuk Brand, Tertarik Coba?

Endorse udah jadi strategi marketing yang populer di era sekarang. Emang apa aja sih manfaatnya? Cek jawabannya di artikel ini, Buddies!

Read More
Want to know more?

Want to know more?

Fill out this form below & consult with us!