Homepage 5 Min Essential Tips Cara Melakukan Riset...

Tips Cara Melakukan Riset Pasar yang Efektif, Udah Tau?

22 Apr 2024

Kamu bingung kenapa produk kamu nggak laku di pasaran? Atau kamu ragu buat meluncurkan marketing campaign kamu? Untuk tau semua jawaban tadi, kamu perlu bantuan dari target audiens kamu Buddies.

Riset pasar atau market research jadi satu-satunya cara untuk mengatasi segala permasalahan bisnis kamu. Secara definisi, riset pasar adalah teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data terkait segala aspek yang ingin diketahui demi mendukung pengambilan keputusan yang tepat. 

Nggak berlebihan kalau riset pasar dianggap sebagai aspek kunci dalam kesuksesan pengembangan produk dan efektivitas strategi marketing bisnis. Ini nggak terlepas dari perannya yang cukup vital untuk mendukung pertumbuhan bisnis jangka panjang. 

Riset pasar sendiri melibatkan proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi data untuk memahami pasar, kompetitor, dan konsumen kamu Buddies. Untuk tau lebih dalam lagi, simak artikel ini sampai beres karena kita udah siapin 5 tips cara melakukan riset pasar yang efektif untuk bisnis kamu. Catat, ya!

Baca juga: Pengen Ningkatin Kinerja Bisnis Kamu? Pahami Dulu Riset Pasar!

1. Tentukan target audiens

Langkah pertama dalam melakukan riset pasar yang harus kamu lakukan adalah menentukan target audiens bisnis kamu dengan jelas. Cari tau luar dalam tentang audiens kamu, mulai dari karakteristik demografisnya, geografis, sampai psikografis. Dengan memahami target audiens secara jelas, kamu akan mudah menyesuaikan strategi marketing yang lebih relevan nantinya.

2. Identifikasi grup audiens untuk engage

Setelah menentukan target audiens kamu, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi grup audiens yang bakal kamu ajak berpartisipasi dalam riset. Ini bisa melibatkan potential customer, existing customer, atau bahkan orang-orang di luar target audiens kamu, Buddies. Siapapun partisipannya, pastikan semuanya memberikan beragam feedback dan perspektif untuk kebutuhan riset kamu.

3. Siapkan pertanyaan untuk audiens/partisipan

Mulai siapkan pertanyaan yang relevan dan terstruktur untuk audiens atau partisipan riset kamu. Pertanyaan-pertanyaan ini harus dirancang sebaik mungkin dan mencakup informasi-informasi yang dibutuhkan oleh bisnis. Pastikan untuk mempertimbangkan berbagai aspek, seperti preferensi produk, kebutuhan konsumen, dan persepsi brand.

4. List kompetitor bisnis

Langkah yang juga nggak kalah penting adalah mencatat dan mengidentifikasi kompetitor bisnis kamu Buddies. Buat apa? Tujuannya nggak lain untuk melakukan analisis kompetitif agar bisnis kamu lebih unggul dibanding kompetitor. Memahami kompetitor bisa bikin bisnis kamu menemukan peluang untuk menguasai pasar loh.

5. Menyusun laporan hasil riset

Setelah semua proses tadi udah dilakukan, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menyusun laporan hasil riset. Laporan ini harus mencakup semua temuan utama, analisis data, dan rekomendasi untuk tindakan selanjutnya. Pastikan juga kalau laporan kamu mudah dimengerti agar penggunaannya efektif untuk pengambilan keputusan bisnis kedepannya.

Nah itulah tadi penjelasan tentang riset pasar dan langkah-langkah cara melakukannya. Kamu sendiri udah mulai ngelakuin riset pasar untuk bisnis kamu belum nih Buddies? 

Kalau belum, kayaknya kamu harus mulai dari sekarang deh. Kenapa? Karena ngelakuin riset pasar bisa menjadi eye-opening experience loh. Dengan riset pasar, kamu bakal dapetin insight menarik tentang kompetitor, konsumen, dan pasar secara keseluruhan. 

Jangan ragu buat menggabungkan berbagai metode riset untuk beradaptasi dengan perubahan pasar yang cukup dinamis ini. Lalu rancang strategi yang jitu untuk mencapai objektif bisnis yang udah ditentukan.

Kalau kamu butuh bantuan, kita siap bantu loh Buddies! Sebagai digital marketing agency, Boleh Dicoba Digital (BDD) bisa jadi partner yang ideal buat brand kamu untuk berkembang. 

BDD sendiri sampai sekarang sudah berpengalaman dalam meng-handle lebih dari 850 klien di berbagai industri. Kita juga punya banyak services yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan brand kamu.

Mulai dari Digital Ads, Creative Content Development, Search Engine Optimization (SEO), Web Development, Growth Hack, Community Development, sampai Corporate Training

BDD diisi oleh tim profesional yang membangun ekosistem untuk mengembangkan bisnis klien. Kita berkomitmen untuk membantu segala permasalahan bisnis dengan berbagai macam strategi demi mendapatkan hasil yang positif. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung aja hubungi BDD dan serahin semua isu bisnis kamu kepada kita! 

Baca juga: Harus Tau! Ini 5 Jenis Riset Pasar yang Umum Dilakukan Bisnis

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×